• White Facebook Icon
  • White Instagram Icon
  • White Twitter Icon

© 2016 by Mercury Media Group

Gelar Konfrensi Wilayah ke XV, Fatayat NU akan terus lakukan pemberdayaan perempuan di Jatim

February 2, 2019

 

Sby, MercuryFM - Fatayat NU Badan Otonom (Banom) NU ynag berisikan anak anak muda perempuan NU akan terus memberikan sumbangsih untuk keumatan khususnya para perempuan bangsa ini. Termasuk perempuan perempuan di jatim.

 

"Kita akan terus berbuat untuk pemberdayaan perempuan. Pendampingan pendampingan terhadap perempuan termasuk edukasi untuk kepentingan perempuan akan terus dilakukan," ujar ketua Fatayat NU Jatim Hikmah  Bafaqih dalam keterangan setelah pembuakaan Konferensi Wilayah (Konferwil) Fatayat NU jatim ke XV yang berlansung di Surabaya, Sabtu (02/02/19).

 

Menurut Hikmah, sebagai lembaga yang berisikan generasi muda perempuan NU yang cukup memiliki energi yang luar biasa dan produktif telah banyak melakukan pendampingan dan edukasi keumatan terhadap perempuan yang ada di jatim. 

 

Peran Fatayat NU kata Hikmah menyentuh beberapa bidang diantaranya pendampingan kesehatan reproduksi, pemberian edukasi untuk penurunan angka kematian ibu dan angka kematian bayi serta pendampingan terhadap peningkatan ekonomi perempuan berbasis ekonomi kecil dan rumah tangga.

 

"Bahkan kita saat ini juga melakukan pembangunan sistem bagimana mencegah dan menaggulangi gerakan radikalisme ekstrim dikalangan perempuan dan anak, agar keluarga Indonesia tetap terlindungi dari gerakan radikal ekstrem tersebut," katanya.

 

Hikmah Bafaqih melanjutkan pihaknya juga melakukan edukasi melalui anggotanya untuk bersama sama menyadarkan masyarakat guna memerangi berita - berita hoax dan ujaran kebencian yang saat ini sangat meresahkan.

 

“Hari ini kita begitu mudah mencaci-maki. Menebar kedengkian dan menyebar hoaks. Ini bisa mengikis peradaban perempuan. Seolah-seolah Indonesia akan hancur. Siapapun pengganti saya semoga bisa memberikan yang terbaik,”pungkasnya.

 

Sementara itu Sekretaris Daerah Provinsi (Sekdaprov) Jatim Heru Tjahyono yang mewakili Gubernur jatim dalam sambutannya, meminta agar Fatayat NU ikut berperan aktif memerangi peredaran narkoba di kalangan remaja. Berdasar data BNNP Jatim, tercatat ratusan remaja menjadi korbannya.

 

“Saya titip (masalah) narkoba kepada Fatayat (turut memerangi). Sebab kondisinya sangat memprihatinkan,” kata Heru.

 

Ditambahkan juga oleh Heru selain masalah narkoba, persoalan HIV/AIDS juga memperihatinkan. Hal ini juga harus diwaspadai sekalipun di dalam lingkungan pondok. Kemudahan akses komunikasi internet harus menjadi perhatian khusus.

 

“Titip juga. Meskipun di dalam kamar pondok bukan berarti itu tidak kemana-mana. Tetap harus dipantau. Saya titip ini juga kepada Fatayat,” tegasnya.

 

Dalam  Konferensi Wilayah (Konferwil) Fatayat NU jatim ke XV, beberapa nama pengurus Fatayat NU Jatim saat ini serta beberapa nama pengurus Fatayat NU Kota-kabupaten jatim akan berebut untuk  menakodai roda organisasi muda perempuan NU ini. (ari)

 

Share on Facebook
Share on Twitter
Please reload

Featured Posts

Anugerah Ariyadi De Facto Jabat Waketum Komisi B

January 16, 2018

1/1
Please reload

Recent Posts
Please reload

Archive