• White Facebook Icon
  • White Instagram Icon
  • White Twitter Icon

© 2016 by Mercury Media Group

Gubernur Khofifah Harus Prioritaskan Sektor Agro dalam pembuatan RPJMD Jatim

February 15, 2019

 

 

 

Sby, MercuryFM - Menjelang pengajuan RPJMD  (Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah) oleh Gubernur Khofifah Indar Parawansa, Ketua Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) PKS Jawa Timur Arif Hari Setiyawan berharap agar gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa menjadikan Rencana Pembangunan Jangka Panjang (RPJP) sebagai pedoman.

 

Pembangunan berbasia agro dalam RPJMD sesuai amanat RPJP. Harus tetap menjadi prooritas utama.

 

"Siapapun yang melanjutkan estafet kepemimpinan daerah tidak lepas dari RPJP kita. RPJP kita sudah memperhatikan aspek yang ada di Jatim, potensi, peluang dan hambatan. Garis besar RPJP menjadkan provinsi agro paling besar di asia tenggara," katanya disekertariat DPW PKS Jatim, Jum"at (15/02/19).

 

Menurut Arif memang dalam pembuatan RPJMD menjadi kewenangan seorang Gubernur. Dimana akan memasukkan program program yang dijanjikan dalam Kmapanye pilgub Jatim kemarin.

 

"Namum meski begitu RPJP yang sudah di buat harus tetap menjadi pijakan. Dan dalam RPJP jelas memfokuskan Jatim sebagai pfopinsi Agro sehingga ini harus tetap menjadi prioritas Khofifah dalam menyusun RPJMD," jelasnya.

 

Kata Arif, ini perlu dilakukan karena kesejahteraan masyarakat Jatim yang bekerja di sektor agro masih rendah. Beberapa wilayah yang harus menjadi perhatian pemerintah adalah pesisir selatan, timur dan Madura, yang berpootensi berkembangnya sektor agro.

 

"Orang yang bekerja di sektor ini paling rendah kesejahteraaanya. Kalau dilihat dari daerah di selatan, timur dan Madura. Tanggung jawab provinsi agar kemakmuran lebih merata," tandasnya.

 

Dijelaskannya, selain mengembangkan sektor agro, tugas utama Pemprov Jatim adalah melakukan pemerataan pembangunan antara wilayah utara dan selatan di Jatim. Agar, disparitas di Jatim yang masih tinggi, bisa ditekan lebih rendah lagi.

 

"Mengkoordinasikan pemerintah diseluruh Jatim adalah makmurnya lebih merata. PR kita dan tantangan kita kedepan adalah disparitas. Semoga RPJMD yang dibuat bu gubernur dengan RPJP ini nantinya nyambung," pungkasnya. (ari)

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Share on Facebook
Share on Twitter
Please reload

Featured Posts

Anugerah Ariyadi De Facto Jabat Waketum Komisi B

January 16, 2018

1/1
Please reload

Recent Posts
Please reload

Archive