Iringi USBK siswa SMA/SMK Jatim, Gubernur lakukan ritual puasa sunnah dan gelar doa bersama

March 4, 2019

 

Sby,MercuryFM - Berikan suntikan moral pada siswa SMA/SMK Jatim yang mengikuti Ujian Sekolah Berbasis Komputer (USBK) Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa lakukan sahur untuk menjalani puasa sunnah serta doa bersama digedung Grahadi. 

 

Bersama puluhan kepala sekolah SMK dan SMA negeri dan swasta di Surabaya serta wakil Gubernur Emil Elestianto Dardak, Sekdaprop Jatim Heru Tjahyono, Kepala Dinas Pendidikan Nasional, Saiful Rahman dan beberapa kepala organisasi perangkat daerah (OPD) dilingkungan pemprop jatim, Gubernur mengajak yang hadir untuk ikut berpuasa sunnah dalam rangka mengiringi anak anak didim SMK/SMA yang akan mengikuti Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBK).

 

"Ini bagian dari ikhtiar untuk memberi semangat dan suntikan moral ke siswa-siswi kelas XII tingkat SMA/SMK," ujar Khofifah di sela sahur bersama di Gedung Negara Grahadi di Surabaya, Senin dini hari (4/03/19).

   

Selain sahur, gubernur dan ratusan kepala sekolah juga menggelar shalat hajat berjamaah yang dipimpin imam Masjid Nasional Al-Akbar Surabaya, Ustadz Zakki, sekaligus memimpin doa bersama.

   

"Dengan kekuatan puasa dan doa kepada Allah SWT maka siswa menjalani ujian akan tenang mengerjakan pertanyaan dengan tuntas, benar dan memperoleh kelulusan yang baik," ucapnya.

   

Menurut Gubernur, dukungan seperti ini diperlukan karena melalui doa secara langsung membawa dampak psikologis yang besar bagi anak.

 

"Insya Allah, nanti selama USBK berlangsung, Gubernur dan Wakil Gubernur, Kepala Dinas dan jajaran Dinas Pendidikan Jawa Timur akan puasa,” jelas Khofifah.

 

Kata Khofifah, kegiatan semacam ini adalah bagian dari mengajak kepada semua menjadi bagian dari program Nawabakti Satya Khofifah-Emil. 

 

“Di Nawabakti Satya itu ada Jatim berkah, inilah yang kita terapkan bahwa selain bekerja keras memaksimalkan seluruh ikhtiar-ikhtiar dan pikiran cerdas. Keberkahan adalah bagian penting yang bisa menjadi  ruh tambahnya dari kebaikan satu dan kebaikan berikutnya. Kebaikan itu jika berasal dari pimpinan dan sekolah-sekolah saya rasa akan mendestinasikan nilai kebaikan yang lebih lagi," pungkasnya.

 

 

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan Jatim Saiful Rachman mengapresiasi kegiatan sahur dan doa bersama yang diinisiasi Gubernur Khofifah dengan harapan membawa keberkahan bagi seluruh peserta ujian.

 

"USBK tahun ini gebyarnya beda, sebab tahun-tahun sebelumnya tidak ada. Kali ini, semoga program gubernur menjadikan Jatim berkah," ujarnya.

   

Di sisi lain, USBK tahun ini disebutnya sangat istimewa karena siswa tak hanya mengerjakan soal menggunakan komputer, tapi memanfaatkan ponsel pintar (smartphone).

   

"Tahun ini ada inovasi menggunakan 'smartphone' sehingga mengikuti pola anak-anak di era milenial," ucapnya.

 

Setelah melakukan kegiatan tersebut, Gubernur, Sekdaprop dan kepala dinas Pendidikan Nasional serta beberapa Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait juga melakukan sidak melihat langsung pelaksanaan USBK di SMA Kompleks.

 

Ujian Sekolah Berbasis Komputer (USBK) digelar selama empat hari, mulai Senin hingga Kamis, 4-7 Maret 2019. (ari)

 

 

Share on Facebook
Share on Twitter
Please reload

Featured Posts

Anugerah Ariyadi De Facto Jabat Waketum Komisi B

January 16, 2018

1/1
Please reload

Recent Posts
Please reload

Archive
Please reload

Search By Tags

I'm busy working on my blog posts. Watch this space!

Please reload

Follow Us
  • Facebook Basic Square
  • Twitter Basic Square
  • Google+ Basic Square
  • White Facebook Icon
  • White Instagram Icon
  • White Twitter Icon

© 2016 by Mercury Media Group