Tutupi hutang BPJS, RSUD Dr Soetomo tawarkan BPJS lakukan pinjaman di Bank

March 5, 2019

Sby, MercuryFM - Atasi hutang BPJS kepada Rumah sakit yang saat ini cukup tinggi termasuk hutang BPJS kepada RS millik pemerintah Propinsi, BPJS disarankan untuk membuat kerjasana dengan perbankan guna melakukan talangan hutang kepada rumah sakit. Dengan begitu kedepan tidak ada pagi keterlambatan pembayaran.

 

"Tadi sudah diizinkan untuk kita semacam supply chain Finance (rantai pasok). Jadi ada bank tertentu, nanti bank itu menalangi dalam tanda kutip untuk operasi rumah sakit," ujar Direktur Rumah Sakit Umum Dr Soetomo, Joni Wahyuadi, ditemui usai rapat dengan BPJS Jawa Timur di Gedung Negara Grahadi, Selasa (05/03/19)

 

Menurut Joni, piutang RSUD Dr Soetomo terhadap BPJS cukup besar. Hingga 2016 silam sudah terkumpul Rp 221 milliar. Angka tersebut termasuk obat Rp 23 milliar, sisanya adalah pelayanan serta peralatan rumah sakit. 

 

Selama ini, kata Joni, skenario yang dipakai oleh Dr Soetomo, adalah dengan menunggak pembelian obat. 

 

"Untung mitra-mitra kami mau mengutangi (pembayaran obat) kita. Tapi kalau ini terus terusan dibiarkan kan juga tidak bisa," bebernya. 

 

Joni pun menilai, utang ke bank sebagai kemungkinan paling pas untuk menutupi biaya operasional dan obat. Ihwal bank mana yang ditunjuk, baru akan dibahas lebih lanjut dengan Sekretaris Pemprov Jawa Timur Heru Tjahjono Rabu 6 Februari 2019. 

 

Skema utang di bank ini kata Joni paling memungkinkan. Biaya pembayaran obat dan pelayanan dibayarkan oleh bank yang telah ditentukan. Kemudian utang bank yang membayar adalah BPJS. Perkara bunganya, bisa diambilkan dari denda akibat keterlambatan BPJS membayarkan utangnya. 

 

"Beberapa Rumah Sakit Swasta itu ternyata mencukupi denda untuk bayar bunga utangnya,"tuturnya. 

 

Diharapkan dengan skema supply chain ini pelayanan di rumah sakit tidak terganggu. Terutama penyediaan obat demam berdarah dan kanker. (ari)

Share on Facebook
Share on Twitter
Please reload

Featured Posts

Anugerah Ariyadi De Facto Jabat Waketum Komisi B

January 16, 2018

1/1
Please reload

Recent Posts
Please reload

Archive
Please reload

Search By Tags

I'm busy working on my blog posts. Watch this space!

Please reload

Follow Us
  • Facebook Basic Square
  • Twitter Basic Square
  • Google+ Basic Square
  • White Facebook Icon
  • White Instagram Icon
  • White Twitter Icon

© 2016 by Mercury Media Group