• White Facebook Icon
  • White Instagram Icon
  • White Twitter Icon

© 2016 by Mercury Media Group

Digugat pra peradilan oleh Asipah, Polda Jatim: penetapan tersangka sudah sesuai prosedur

March 6, 2019

 

Sby, MercuryFM - Sidang gugatan pra peradilan atas penetapan Asipah sebagai tersangka kasus pemalsuan kwitansi jual beli tanah berlanjut dengan mendengarkan keterangan saksi ahli. Prof Dr Sadjiono SH, M.Hum Guru Besar Fakultas Hukum Universitas Bhayangkara dalam keterangannya di persidangkan menegaskan kalau barang bukti berupa fotocopy kwitansi jual beli tanah yang diduga palsu kurang kuat untuk menjerat Asipah sebagai tersangka.

"Harus ada dokument asli sebagai data pembanding" tegasnya.

Sadjiono menambahkan, masalahnya sekarang adalah dokument asli itu tidak ada. Oleh karena itu pihak polisi tidak bisa dengan serta merta menjadikan Asipah sebagai tersangka.

"Ya harus dicari dulu dokument aslinya. Kalau tetap dipaksakan sebagai tersangka, berarti kerja polisi tidak profesional" tegasnya.

Sementara itu Tim Kuasa Hukum Polda Jatim sebagai pihak tergugat mengaku kalau penetapan tersangka kepada Asipah sudah sesuai prosedur.

"Polda Jatim mempunyai data pembanding dari pemeriksaan laboratorium forensik yang hasilnya dokument kwitansi itu palsu" tegas
AKBP Sugiarto salah satu anggota tim kuasa hukum Ditreskrimum Polda Jatim. Sugiarto menambahkan kalau data pembanding itu sudah ditunjukkan ke majelis hakim.

Penetapan Asipah sebagai tersangka oleh Polda Jatim  sudah memenuhi syarat dengan diperolehnya minimal dua alat bukti yang sah dari perkara tersebut. "Jadi saya rasa sudah cukup bukti untuk menentukan penetapan sebagai tersangka," pungkasnya.

Kasus dugaan kwitansi palsu itu berkaitan dengan sengketa tanah antara Puji Sutikno dan Asipah. Berbekal kwitnasi jual beli tanah yang diduga palsu, Asipah mengklaim sebagai pemilik tanah seluas 7780 meter persegi milik Pujiono Sutikno di kawasan Mulyorejo Surabaya. Berbekal kwitansi itu juga Asipah melakukan berbagai upaya untuk melegalisasi status tanah tersebut. Seperti mensertifikatkan ke BPN dan juga Ipeda serta PBB ke kelurahan.(Alam)

Share on Facebook
Share on Twitter
Please reload

Featured Posts

Anugerah Ariyadi De Facto Jabat Waketum Komisi B

January 16, 2018

1/1
Please reload

Recent Posts
Please reload

Archive
Please reload

Search By Tags