• White Facebook Icon
  • White Instagram Icon
  • White Twitter Icon

© 2016 by Mercury Media Group

Menumbuhkan minat belajar anak dengan memenuhi kebutuhannya

March 6, 2019

 

 

 

Sby , MercuryFM - Menumbuhkan minat belajar terhadap anak merupakan pekerjaan yang gampang-gampang susah bagi orang tua maupun sekolah. "Karena setiap anak mempunyai kesukaan dan karakter yang berbeda" ujar Ratih Sarawati Direktur Sekolah Cikal Surabaya.

 

Mengenali kebutuhan anak menjadi salah satu faktor penting membangun minat belajar anak. "Mengidentifikasi kebutuhan dan memenuhi kebutuhan anak itu yang penting" tambah Ratih Saraswati disela cara refleksi  cinta keluarga di sekolah Cikal, Rabu 06/03/2019. 

 

Menurutnya ada anak yang yang sulit belajar membaca hanya melalui  pengajaran lewat text book, tapi akan mudah dengan memperlihatkan contoh benda. Karena itu Sekolah Cikal juga dikonsep tidak seperti sekolah pada umumnya. Melainkan memberikan ruang berekspresi bagi anak lewat metode pembelajarannya. 

 

"Kita tetap mengacu ke kurikulum nasional hanya saja pendekatannya yang berbeda" imbuh Ratih.

 

Ratih Sarawati juga mengingatkan pentingnya peran orang tua. "Karena sekarang ini tidak jarang orang tua yang lupa akan perannya dalam pendidikan anak. Mereka menganggap itu merupakan tanggung jawab sekolah. Padahal sekolah dan guru hanya sebagai fasilitator" pungkasnya.

 

Sementara itu Kepala Sekolah SMP Cikal Surabaya Hasto Kedakso menambahkan pemerintah sudah mengakomodir proses belajar yang meningkatkan kompetensi siswa melalui kurikulum 2013. "Kurikulum 2013 atau K13 sangat fleksible sehingga mudah dikembangkan, dan sekarang sedang diterapkan di Sekolah Cikal" ujarnya.

 

Hasto menambahkan karena K13 yang fleksible itu bisa membuka ruang kreatifitas siswa dan guru. "Misalnya dalam hal kesenian, kalau dikurikulum sebelumnya belajar berkesenian lingkupnya sempit. Tapi sekarang belajar kesenian juga mencakup budaya dan tidak dibatasi budaya yang bagaimana. Bisa budaya nasional maupun internasional. Metode seperti ini yang diterapkan sekolah Cikal sehingga membuat anak lebih berkompetensi nantinya" pungkasnya.

 

Sekolah Cikal Surabaya yang berkonsep milenial ini menjadi bagian dari sekolah Cikal di Jakarta yang didirikan sejak tahun 1999 oleh Nabila Shihab salah satu putri Quraish Shihab. Sekolah ini menganggap tidak lagi berkonsep masa lalu, melainkan komunitas belajar bagi orang tua dan siswa sepanjang hidupnya.

Share on Facebook
Share on Twitter
Please reload

Featured Posts

Anugerah Ariyadi De Facto Jabat Waketum Komisi B

January 16, 2018

1/1
Please reload

Recent Posts
Please reload

Archive