• White Facebook Icon
  • White Instagram Icon
  • White Twitter Icon

© 2016 by Mercury Media Group

33 warga Jatim terkena wabah "Kencing Tikus" pasca banjir

March 12, 2019

 

Sby,MercuryFM - Dinas Kesehatan (Dinkes) Jatim mengeluarkan data yang cukup mengagetkan. Dimana Dinkes Jatim menyebutkan, bahwa 33 warga Jatim terkena penyakit kencing tikus atau lestospirosis dari Januari sampai Maret 2019. Sedangkan korban meninggal dunia mencapai 2 orang dari kasus itu.

 

"Bakteri leptospiral nama bakterinya biasanya muncul periode musim penghujan. Banjir naik dan penduduk kena banjir, air naik, penduduk masuk ke air yang kena bakteri ini, biasanya lewat luka kecil," kata Kepala Bidang Pencegahan Dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan (Dinkes) Jatim Setyo Budiono ketika dikonfirmasi pada Selasa (12/03/19).

 

Menurut Setyo, penyakit itu memang biasanya muncul pada musim penghujan. Ketika genangan yang tercemar kencing tikus itu terkena luka akan menularkan bakteri. Beberapa kejadian, ditemukan pada musim kemarau seperti di Kabupaten Ponorogo, Sampang dan Pacitan.

 

"Kalau yang berat gejalanya penderita sakit kuning, matanya kuning kukunya kuning bahkan sampai kencingnya merah pekat dan dia bisa ndak sadar," jelasnya

 

Kata Setyo, jika tidak ditangani serius, penyakit itu bisa menimbulkan kematian karena organ vital penderita seperti ginjal dan liver terganggu.

 

"Fungsi ginjal dan livernya menjadi terganggu sedemikian beratnya sehingga menyebabkan kematian," jelasnya.

 

Dikatakan Setyo, masyarakat harus bisa menjaga kebersihan, terutama ketika terjadi banjir. Mereka harus menghindari kontak langsung dengan air, untuk menghindari ancaman penyakit itu.

 

"Ketika banjir sedapat mungkin jangan masuk ke air, kalau masuk air jaga kontak langsung dengan air. Misalkan pakai sepatu both. Kalau sudah bersihkan kaki dengan sabun kalau Dan yang terpenting jangan sampai tikus berkembang biak di lingkungan kita," pungkasnya. (ari)

Share on Facebook
Share on Twitter
Please reload

Featured Posts

Anugerah Ariyadi De Facto Jabat Waketum Komisi B

January 16, 2018

1/1
Please reload

Recent Posts
Please reload

Archive
Please reload

Search By Tags

I'm busy working on my blog posts. Watch this space!

Please reload