Rektor UINSA nyatakan Pakde cukup layak dapatkan Doktor Honoris Causa bidang Ilmu Pendidikan Islam

March 27, 2019

Sby, MercuryFM - Mantan Gubernur Jatim dua periode Soekarwo akrab dipanggil Pakde Karwo mendapatkan gelar Doktor Honoris Causa bidang Ilmu Pendidikan Islam oleh Universitas Islam Negeri Sunan Ampel (UINSA) Surabaya, Rabu (27/03/19).

 

Penganugrahan ini di berikan karena komitmen pakde Karwo yang telah memberikan perhatian yang cukup besar dalam pemberian bantuan Bopda (Bantuan Operasional Pendidikan Daerah) Madin dan Beasiswa Madin yang dilakukan selama 10 tahun masa pemerintahan memimpin Jatim.

 

"Ini merupakan wujud komitmen kita pemerintahan Propinsi jatim dalam memberikan perhatian terhadap peningkatan kwalitas Pendidikan di Jatim khususnya pebdidikan madin yang cukup banyak di Jatim. Mengingat banyak pondok pesantren di Jatim," ujar Pakde Karwo dalam pemaparan didepan undangan dan civitas akademika UINSA (Universitas Islam Negri Sunan Ampel) Surabaya.

 

Sementara itu Rektor Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Ampel Prof Masdar Hilmy mengaku punya alasan sendiri memberikan Mantan Gubernur Jawa Timur Soekarwo gelar honoris causa bidang ilmu pendidikan Islam. 

 

"Ini adalah satu proses yang lumayan panjang, tapi akuntable dan dapat dipertanggung jawabkan,"ujar Masdar Hilmy saat pidato pengukuhan doktor honoris causa di UIN Sunan Ampel Surabaya.

 

Kata Hilmy, ada minimal empat aspek temuan akademik dari karya Soekarwo di bidang pendidikan Islam yang menjadi pertimbangan pemberian gelar ini. Pertama, dalam pemakaian istilah dekresi kebijakan. 

 

Dijelaskan Hilmy, terdapat satu pikiran yang luar biasa dari seorang gubernur dalam mengambil keputusan beresiko. Menerobos peraturan, namun dengan argumen yang cukup kuat. Sehingga bisa muncul dekresi kebijakan. 

 

"Kedua inside goverment (penggunaan informatika untuk pelayanan). Itu sangat otentik pemikiran Pakde Karwo," ungkapnya. 

 

Kemudian lanjut Hilmy, pertimbangan ketiga adalah spiritual capital. Konsep ini dinilai berbeda secara subtansi oleh para ilmuan. Spiritual capital menggabungkan konsep pesantren dengan negara. 

 

"Lalu terakhir pendidikan vokasi," ungkapnya. 

 

Hilmy menyebutkan, seluruh pertimbangan itu telah melalui proses penilaian yang cukup panjang. Usulan penganugrahan tersebut sudah lama sebelum dirinya menjabat. 

 

 

Dalam kesempatan ini Komando Satuan Tugas Bersama (Kogasma), Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) yang iku hadir mengaku senang sekali bisa menghadiri penganugerahaan Doktor Honoris Causa untuk Pakde. Pemberian ini sebagai bentuk kehormatan oleh UIN Sunan Ampel atas kontribusi Pakde Karwo dalam hal akademik, maupun saat menjadi gubernur Jatim.

 

"Kontribusinya telah melahirkan kebijakan yang sangat berpihak dalam bidang pendidikan islam di Jatim. Termasuk komunitas pesantren, " ujar AHY.

 

Putra Susilo Bambang Yudhoyono itu menilai selama menjadi gubernur, Pakde Karwo mampu meningkatkan kapasitas pengajar dengan mensekolahkan pendidikan strata 1, bahkan strata 2. Pengajar yang disekolahkan mencapai 12 ribu orang. 

 

"Diharapkan terus ditambah. Madin diharapkan bisa semakin baik, dimana output bisa melahirkan generasi bangsa yang baik, dan islami, memiliki patriotisme dan kebangsaan," pintanya.

 

Suami Anisa Pohan itu menyebut dalam pemaparan Pakde Karwo pada hakekatnya menciptakan generasi kedepan agar bisa dibangun dengan pondasi yang kuat berbasis keislaman. 

 

"Selain itu, diperkuat lagi dengan fokasional berbasis sains teknologi sehingga generasi memiliki tingkat skill yang baik dan diperlukan untuk menghadapi tantangan abad 21," pungkasnya.

 

Dalam pemberian gelar Doktor Honoris Causa terhadap Pakde Karwo oleh Universitas Islam Negeri Sunan Ampel (UINSA) Surabaya, juga dihadiri Gubernur Jatim Khofifah Indar Parwansa dan Wakil Gubernur Jatim Emil Elestianto dardak. (ari)

 

Share on Facebook
Share on Twitter
Please reload

Featured Posts

Anugerah Ariyadi De Facto Jabat Waketum Komisi B

January 16, 2018

1/1
Please reload

Recent Posts
Please reload

Archive
Please reload

Search By Tags

I'm busy working on my blog posts. Watch this space!

Please reload

Follow Us
  • Facebook Basic Square
  • Twitter Basic Square
  • Google+ Basic Square
  • White Facebook Icon
  • White Instagram Icon
  • White Twitter Icon

© 2016 by Mercury Media Group