• White Facebook Icon
  • White Instagram Icon
  • White Twitter Icon

© 2016 by Mercury Media Group

20% suara pendukung Jokowi yang mayoritas ASN akan pindah ke Prabowo-Sandi

March 28, 2019

 

Sby,MercuryFM - Suara pasangan Jokowi-JK diperkirakan banyak yang berpindah ke Prabowo-Sandi di Pemilu 2019. Pusat Studi Anti Korupsi dan Demokrasi (PUSAD) Universitas Muhammadiyah (UM) Surabaya dalam survey politik yang dilakukan mulai tanggal 5-20 Maret 2019 merilis, kalau migrasi suara di Jawa Timur itu sebesar 20 persen. Sedangkan suara yang semula mendukung Prabowo-Hatta di Pemilu 2014 akan beralih ke Jokowi sebesar 14,3 persen. Direktur Eksekutif PUSAD UM Surabaya Satria Unggul W.P mengatakan migrasi suara itu banyak dilakukan oleh Aparatur Sipil Negara (ASN) yang besarnya mencapai 60 persen.

 

"Migrasi suara dipengaruhi oleh kekecewaan terhadap paslon 01. Banyak program, seperti remunerasi dan kenaikan pangkat susah di jaman Presiden Jokowi. Ini yang menjadi alasan mayoritas ASN" kata Satria saat rilis di kampus UM Surabaya Kamis 28/03/2019. Satria menambahkan kalau Elektabilitas Prabowo-Sandi juga cenderung naik di rentang waktu Maret 2019. 

 

Elektabilitas paslon Jokwi-Ma'aruf Amin sangat mayoritas di daerah yang menjadi basis partai pengusung. Diantaranya Mojokerto, Ponorogo dan Lumajang yang merupakan basis pendukung PDIP. Sedangkan daerah dukungan terhadap Prabowo-Sandi lebih variatif. Seperti di Jember, dan wilayah Madura diantaranya Sampang, Bangkalan yang mayoritas warga Nahdliyin. "Dukungan Prabowo-Sandi di massa akar rumput bergerak dinamis" jelas Satria dalam rilis hasil survey yang dihadiri oleh para pembicara antara lain, mantan Ketua KPUD Jatim Eko Sasmito, Pakar Komunikasi Politik Unesa Putri Aisyiah dan Ketua PW Pemuda Muhammdiyah Jatim Dikky Syadqomulloh.

 

Elektabilitas oleh pemilih di Jawa Timur terhadap pasangan calon Presiden dan Wakil Presiden juga banyak dipengaruhi oleh Kepala Desa dan Lurah. Pengaruh itu sangat dominan terutama di daerah pelosok.

 

Meski banyak Prabowo-Sandi banyak didukung oleh ASN dan mendapatkan limpahan 20 persen suara Jokowi pada Pemilu 2014 lalu. Survey PUSAD UM Surabaya yang dilakukan pada 5-20 Maret 2019 masih menempatkan pasangan Jokowi-Ma'aruf Amin di peringkat teratas dengan tingkat elektabilitas sebesar 56,8 persen. Sedangkan elektabilitas pasangan Prabowo-Sandi sebesar 38,3 persen.(Alam)

Share on Facebook
Share on Twitter
Please reload

Featured Posts

Anugerah Ariyadi De Facto Jabat Waketum Komisi B

January 16, 2018

1/1
Please reload

Recent Posts
Please reload

Archive
Please reload

Search By Tags

I'm busy working on my blog posts. Watch this space!