• White Facebook Icon
  • White Instagram Icon
  • White Twitter Icon

© 2016 by Mercury Media Group

Kedatangan AHY di Pemekasan bisa menjaga Eksistensi Partai Demokrat di Madura

March 29, 2019

 

Sby, MercuryFM - Madura masih menjadi salah satu basis pemenangan Partai Demokrat di pemilu 17 April 2019 mendatang. Meriahnya sambutan kepada Komandan Komando Satuan Tugas Bersama (Kogasma) Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) yang berkunjung ke Pamekasan beberapa waktu lalu, merupakan cermin penerimaan masyarakat madura cukup besar pada Partai yang di dirikan mantan Presiden RI ke 6, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).

 

"Sejauh yang saya amati demokrat bagi masyarakat Madura masih bisa diterima baik dan masyarakat Madura welcome sejauh ini ditengah dominasi partai islam dan trend dukungan  jamiiyyah nahdliyin dan warga pesantren. Apalagi prestasi dan hubungan pak SBY dan pakde Karwo selama memerintah dengan tokoh-tokoh Madura bisa dibilang baik," kata pengamat politik dari Universitas Negeri Trunojoyo Madura, Surokim Abdussalam, Kamis (28/3/19). 

 

Menurut Surokim, kedatangan AHY ke Pamekasan untuk meneruskan tradisi dan silaturahmi Pakde Karwo dengan tokoh-tokoh kunci di Madura.

 

"Sebagai partai tengah demokrat masih bisa tumbuh di Madura asalkan bisa membina hubungan baik dengan tokoh-tokoh kunci madura. Mas AHY saya pikir wajib meneruskan tradisi silaturahimm dengan tokoh-tokoh kunci di Madura untuk menjaga eksistensi demokrat," tambahnya.

 

Dikatakan Surokim, kunjungan AHY itu otomatis akan menjaga suara Partai Demokrat di Madura, agar tidak turun.

 

"Termasuk bagaimana demokrat bisa menyiapkan kader sekelas pakde Karwo yang punya kemampuan menjalin komunikasi dgn tokoh-tokoh kunci Madura. Kunjungan mas AHY ke Madura kemarin paling tidak akan menjaga suara demokrat agar tidak terjun bebas," tambahnya.

 

Pria yang juga dekan FISIB (Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Budaya) Universitas Trunojoyo ini juga menjelaskan, dukungan masyarakat madura pada Partai Demokrat sesungguhnya ada dikelas menengah madura yang terus tumbuh baik di wilayah urban maupun periferi Madura. 

 

"Saya pikir cukup strategis kehadiran mas AHY mewakili pak SBY dalam situasi pak SBY sedang menghadapi cobaan sakitnya bu Ani. Biasanya masyarakat Madura sangat respek untuk hal hal begitu didatangi saat keluarga ada cobaan itu kadang dipahami sebagai penghormatan untuk masyarakat Madura," pungkas pria yang juga peneliti Surabaya Survey Centre (SSC). (ari)

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Share on Facebook
Share on Twitter
Please reload

Featured Posts

Anugerah Ariyadi De Facto Jabat Waketum Komisi B

January 16, 2018

1/1
Please reload

Recent Posts
Please reload

Archive