KPU RI tegaskan munculnya berita hasil penghitungan suara pemilih WNI di Luar Negri berita hoax

April 10, 2019

 

Sby,MercuryFM - (JAKARTA) Munculnya kabar dimasyarakat penghitungan suara hasil pemilu di luar negeri di Medsos (Media Sosial) sudah mulai dilakukan saat ini, dibantah oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU). 

 

Komisioner KPU RI Hasyim Ashari, dalam release yang dikeluarkan dan dikirim ke media, Rabu (10/04/19), menegaskan bahwa munculnya berita penghitungan hasil pemilihan di Luar Negeri adalah berita hoax.

 

Menurut Hasyim, kegiatan pemungutan suara Pemilu 2019 di Luar Negeri dilaksanakan sesuai dengan jadwal yang sudah di tetapkan dalam SK KPU No 644/2019 yaitu early voting pada tanggal 8-14 April 2019.

 

"Kegiatan pemungutan suara di LN dilaksanakan dengan 3 metode: memilih di TPSLN yang berada di kantor perwakilan RI (KBRI/KJRI/KDEI) yaitu memilih dengan Kotak Suara Keliling (KSK) yg bertempat di dekat pemukiman atau tempat kerja WNI dan metode pos," tegasnya.

 

Kata Hasyim, memang saat ini sedang berlangsung proses pemungutan suara dibeberapa negara bagi WNI yang ada di Luar Negeri. Dan kegiatan penghitungan suara pemilu di Luar Negeri baru dilaksanakan pada tanggal 17 April 2019 sesuai waktu setempat.

 

"Bila sekarang ini beredar kabar tentang perolehan suara pemilu Luar Negeri, dapat dipastikan hasil tersebut bukan hasil resmi (real count) yang dilakukan oleh PPLN dan KPPSLN. Dan kabar tentang perolehan suara pemilu di Luar Negeri yg beredar luas di masyarakat adalah kabar yang tidak dapat dipertanggung jawabkan," jelasnya.

 

Dari data yang ada di KPU RI, untuk Pemilu di luar negri, Senin 8 April 2019 di Sana'a. Selasa 9 April 2019 di Panama City dan Quito. Rabu 10 April 2019 di Bangkok dan Songkhla.

 

Selain jadwal tersebut kegiatan pemungutan suara di Luar Negeri belum dilaksanakan. (ari)

 

 

Share on Facebook
Share on Twitter
Please reload

Featured Posts

Anugerah Ariyadi De Facto Jabat Waketum Komisi B

January 16, 2018

1/1
Please reload

Recent Posts
Please reload

Archive
Please reload

Search By Tags

I'm busy working on my blog posts. Watch this space!

Please reload

Follow Us
  • Facebook Basic Square
  • Twitter Basic Square
  • Google+ Basic Square
  • White Facebook Icon
  • White Instagram Icon
  • White Twitter Icon

© 2016 by Mercury Media Group