Inventarisir dan kanalisasi keunggulan SMKN di Jatim akan dilakukan oleh Gubernur Khofifah

April 11, 2019

 

Sby,MercuryFM - Pemerintah Propinsi Jatim  akan menginventarisir dan mengkanalisasi kebutuhan serta keunggulan dari SMK. ini dilakukan untuk lebih memaksimalkan keberadaan SMK di Jatim yang cukup banyak dan memiliki beranekaragam kompetensi atau jurusan di dalamnya.

 

Ini disampaikan Gubernur Jatim  Khofifah Indar Parawansa saat membuka Pameran Tugas Akhir SMKN 12 Surabaya di JX Internasional Surabaya, Kamis (11/4/19). 

 

Menurut Gubernur, proses kanalisasi tersebut akan dipetakan oleh Pemprov Jatim lewat Dinas Pendidikan.  ini nantinya akan dipadukan dengan program Khofifah Emil dalam Nawa Bhakti Satya yang didalamnya juga terdapat program bagi kaum milenial yang cocok bagi generasi muda SMK yakni Millenial Job Center (MJC). 

 

Kata Khofifah lewat Milenial Job Center tersebut, misal SMKN 12 yang terkenal dengan seni lukis, desain interior, desain komunikasi visual, animasi dan kriya akan disiapkan kanalisasinya lewat program penguatan atau pendalaman ilmunya lewat kursus pendidikan. 

 

"Kami memiliki Milenial Job Center yang akan memberikan akses terhadap lulusan SMK. Di MJC tersebut, nantinya bentuk kanalisasi seperti apa saja yang harus disiapkan. Mungkin butuh kursus 6 bulan atau 1 tahun. Kita ingin memaksimalkan dari seluruh kreatifitas yang telah tumbuh dan dimiliki  di SMKN 12 ini," tegasnya. 

 

Dihadapan guru dan murid siswa SMKN 12 yang hadir, Khofifah menegaskan, bahwa dalam otak manusia diketahui yakni adanya otak kiri dan kanan. Dimana fungsi keduanya mampu menggerakkan diri agar lebih sensitif dan kreatif. Karena sensitifitas dapat mencipatakan rasa. 

 

"Rasa yang dimiliki oleh siswa harus diasah agar tumbuh dan salah satunya mengasah lewat kreatifitas siswa SMKN 12 Surabaya," imbuhnya. 

 

Dalam kesempatan ini pihaknya juga mengajak semua siswa SMK 12 yang memiliki sosial media baik itu instagram, facebook atau tweater untuk mempromosikan SMKN 12 yang memiliki kreatifitas seni yang luar biasa ini. 

 

"Kepada anak anakku, mari kita upload di media sosial keiistemewaan dari sekolah kita baik kerajinan dan seninya. Bikinlah status hebatnya SMKN 12 agar dunia mengenal sekolah kita dan kerennya sekolah di SMKN 12," terangnya.

 

 

Sementara itu ketika meninjau kreasi pameran hasil karya siswa siswi SMKN 12, Gubernur Khofifah mengaku kagumi atas kreasi yang ditampilkan pada pameran di SMKN 12. Ia menyatakan, bahwa apa yang ditampilkan merupakan salah satu jawaban dari tuntutan  Industri 4.0.

 

"Nantinya, jika mereka mendapatkan tempat kerja yang sesuai dengan kompetensi rasanya mereka akan menjadi bagian yang bisa menembus 4.0. Salah satu contoh, untuk bidang IT pada era digitalisasi ekonomi akan banyak diwarnai format-format digital dan animasi. Pemprov Jatim akan menyambungkan peran SMK dengan Dudi (Dunia Usaha dan Dunia Industri)," pungkasnya

 

Sementara itu, Kepala Sekolah SMKN 12 Drs. Biwara Sakti Pracihara M.Pd mengatakan, bahwa pameran tugas akhir SMKN 12 ini merupakan salah satu kegiatan akhir tahunan yang bertujuan untuk memberikan informasi kepada masyarakat bahwa sekolah kami adalah SMK seni satu satunya di Jatim terbesar dan terlengkap. 

 

 

Ia mengatakan, banyak cara agar masyarakat mengenal dan mengetahui kehebatan dari SMKN 12 ini yakni lewat cara mengenalkan seni rupa yang diimplementasikan dalam kegiatan pameran dan seni pertunjukan dengan tampilan tampilan di panggung agar masyarakat bisa mengetahui keunggulan dari SMKN 12 Surabaya. 

 

"Kegiatan ini, merupakan kegiatan rutin akhir tahun ajaran untuk di ketahui oleh masyarakat. Karena sekolah kami merupakan sekolah seni satu satunya di Jatim. Yang di dalamnya terdapat seni rupa (pameran) dan pertunjukan (tampilan di panggung)," ujarnya. (ari)

Share on Facebook
Share on Twitter
Please reload

Featured Posts

Anugerah Ariyadi De Facto Jabat Waketum Komisi B

January 16, 2018

1/1
Please reload

Recent Posts
Please reload

Archive
Please reload

Search By Tags

I'm busy working on my blog posts. Watch this space!

Please reload

Follow Us
  • Facebook Basic Square
  • Twitter Basic Square
  • Google+ Basic Square
  • White Facebook Icon
  • White Instagram Icon
  • White Twitter Icon

© 2016 by Mercury Media Group