• White Facebook Icon
  • White Instagram Icon
  • White Twitter Icon

© 2016 by Mercury Media Group

Langkah cepat KPU, puluhan Kotak Suara yang dikabarkan rusak telah diganti

April 16, 2019

 

Sby,MercuryFM - Adanya kerusakan beberapa kotak suara di Jember dan Lumajang jelang pemungutan suara, Rabu 17 April 2019, dibenarkan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jawa Timur. Kerusakan disebabkan oleh air hujan. 

 

Laporan yang diterima KPU Jatim, sedikitnya tujuh kotak suara rusak di Jember dan sekitar 20 kotak lainnya di Lumajang. Komisioner KPU Jatim Bidang Perencanaan dan Logistik Miftahur Rozaq menuturkan semua langkah antisipasi telah dilakukan guna mengganti kotak suara yang rusak tersebut. 

 

"Alhamdulillah itu sudah teratasi dengan keberadaan kotak untuk persiapan rekap di Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK)," ujar Rozaq ditemui di kantor KPU Jatim, Selasa (16/04/19).

 

KPU kabupaten/kota telah menyiapkan skema antisipasi terkait kemungkinan rusaknya kotak suara. Selain mengganti dengan kotak suara untuk rekapitulasi, Rozaq menyebutkan, beberapa KPU kabupaten/kota juga telah menyediakan cadangan. 

 

"Teman-teman sudah miliki beberapa langkah taktis terkait dengan penggantian kotak suara rusak. Pertama itu dari cadangan, ada kordinasi dengan penyedia yang difasilitasi oleh kami. Begitu juga dengan kotak rekap yang tersedia," urainya. 

 

Rozaq memastikan saat ini seluruh kotak suara dalam proses distribusi ke tingkat desa dan kelurahan, termasuk semua pengganti yang rusak. Sehingga pagi hari semua kebutuhan di Tempat Pemungutan Suara (TPS) tidak ada masalah lagi. 

 

Data KPU Jawa Timur, jumlah TPS seluruh Jawa Timur 130.010 titik. Ditambah 161 TPS Daftar Pemilih Tambahan (DPTb). Tiap masing-masing TPS, Rozaq menyebut, ada lima kotak suara. 

 

Dengan begitu total kotak suara yang dibutuhkan 605.855. Sementara di Kecataman terdapat 13 kotak suara rekap. "Kami harap penyelenggaraan bisa lancar sesuai harapan," tambahnya. (ari)

Share on Facebook
Share on Twitter
Please reload

Featured Posts

Anugerah Ariyadi De Facto Jabat Waketum Komisi B

January 16, 2018

1/1
Please reload

Recent Posts
Please reload

Archive
Please reload

Search By Tags