Tidak menerima surat C6 warga yang masuk DPT bisa menunjukan identitasnya untuk ikut mencoblos

April 16, 2019

 

Sby,MercuryFM - Munculnya kegelisahan warga terkait belum menerima surat C6 untuk bisa datang dalam ikut menyalurkan hak pilihnya akhirnya disikapi KPU Jatim dengan menginjinkan pemilih yang tidak membawa formulir C-6 tetap boleh datang ke tempat pemungutan suara (TPS) tanpa harus menunggu jam 12.00 WIB. Asalkan namanya sudah masuk dalam DPT (Daftar Pemilih Tetap).

 

Hal ini dikarenakan dari pantauan dilapangan dibeberapa pemukiman warga, masih banyak  warga yang belum menerima pendistribusian formulir C-6 atau biasa disebut surat pemberitahuan untuk memilih bagi warga yang sudah masuk Daftar Pemilih Tetap (DPT).

 

"Sampai malam ini (Selasa, 16/4) saya dan istri belum menerima undangan (C-6)," ungkap Boedi Santoso, warga Margorejo, Kecamatan Wonocolo Surabaya.

 

Hal tersebut menjadi aneh, ketika kakak kandungnya, yang tinggal satu rumah di alamat yang sama, sudah menerima undangan C-6.

 

"Tapi ponakan saya juga belum dapat, padahal satu rumah," terang Boedi.

 

Kondisi serupa juga dialami tetangga kanan kirinya.

 

"Banyak yang belum menerima, biasanya nggak pernah seperti ini," cetusnya.

 

Menaggapi persoalan tersebut, Komisioner KPU Jatim M Arbayanto, menjelaskan bahwa warga yang namanya sudah masuk di DPT sebaiknya jangan Golput dan tetap datang ke TPS walau tidak menerima C-6. Formulir C-6 sedianya hanyalah surat pemberitahuan untuk memilih, bukan undangan resmi.

 

"C-6 yang disebut undangan itu sebenarnya media sosialisasi door to door, jadi tanpa mendapat C-6 warga tetap bisa ke TPS dan mencoblos dengan normal, asalkan sudah masuk dalam DPT" terang Arba.

 

Sesuai aturan lanjut Arba, pemilih tetap dapat mempergunakan hak pilihnya meskipun tanpa membawa C6. Peraturan KPU No 3/2019 pada pasal 7 ayat (4) disebutkan Pemilih yang terdaftar dalam DPT tidak dapat menunjukkan formulir C6 (undangan) dapat memberikan hak pilihnya dengan menunjukkan KTP Elektronik atau identitas lain seperti Surat Keterangan, Kartu Keluarga, Paspol atau SIM.

 

"Pemilih yang sudah terdaftar di DPT tetap dilayani di TPS dengan jam normal," tegasnya.

 

Arba juga menjelaskan untuk mengecek warga sudah masuk DPT atau belum bisa mengunjungi situs lindungihakpilihmu.kpu.go.id. (ari)

Share on Facebook
Share on Twitter
Please reload

Featured Posts

Anugerah Ariyadi De Facto Jabat Waketum Komisi B

January 16, 2018

1/1
Please reload

Recent Posts
Please reload

Archive