• White Facebook Icon
  • White Instagram Icon
  • White Twitter Icon

© 2016 by Mercury Media Group

Jaringan Gus Durian salah satu elemen penentu kemenangan Jokowi - KH Ma'ruf Amin di Jatim

April 21, 2019

 

Sby,MercuryFM - Kemenangan Jokowi di Jatim dalam pilpres 17 April kemarin berdasarkan Quick Count beberapa lembaga, tidak lepas dari menyatunya kekuatan warga NU (Nadliyin) di Jatim. 

 

Menurut pakar komunikasi politik Unair Suko Widodo, salah satu kunci kemenangan tersebut adalah bersatunya kyai-kyai kampung di Jawa Timur, Jaringan ibu ibu majelis taklim NU dan para kader kader NU yang tergabung dalam Gus Durian.

 

"Kekuatan tiga elemen tersebut cukup signifikan dalam pemenangan Jokowi-KH Ma'ruf Amin di Jatim. Selain kekuatan NU Struktural maupun kader kader yang berasal dari banon banon NU yang ada," ujarnya.

 

Bahkan kata Suko, makin solid setelah putri almarhum Gus Dur, Yenny Wahid, beberapa kali turun ke Jatim membawa jaringan Gus Duriannya. Mengingat Gus Dur memang dikenal dekat dengan massa akar rumput NU. Termasuk pencetus nama kyai kampung yang merujuk pada kyai-kyai di ponpes kecil yang selama ini tidak menjabat dalam struktural, yang di Jatim jumlahnya cukup banyak.

 

Apalagi, lanjutnya jaringan Gus Durian dan kyai kampung ini berhasil mendesakkan sejumlah program yang menyentuh hajat hidup orang banyak. Yang paling terkenal adalah penggratisan Jembatan Suramadu. Meski bukan satu-satunya, faktor lobi Yenny Wahid kepada Jokowi untuk itu cukup penting. Setelah Yenny mendeklarasikan dukungan ke Jokowi, pemerintah Jokowi mengeluarkan keputusan penggratisan Jembatan Suramadu.

 

"Yenny sendiri bahkan menggelar acara dua kali di Ponpes Annuqayah Guluk-Guluk, Sumenep. Yang menghadirkan Jokowi dua kali. Meski di Madura Jokowi tetap saja kalah, namun penggratisan Jembatan Suramadu tersebut bisa menahan margin kekalahan itu tidak seperti 2014 lalu," jelasnya.

 

Senada juga dikatakan Ketua Sedulur Jokowi Jawa Timur, HM Misbahus Salam yamg menyebut bahwa faktor Yenny Wahid juga menjadi salah satu faktor yang menentukan kemenangan pasangan no urut 01 ini di Jatim.

 

’’Ning Yenny punya pengaruh signifikan. Sebagai putri Gus Dur, tentu membawa magnet tersendiri bagi para kyai dan masyarakat di Jawa Timur,’’ kata pria yang juga wakil ketua PCNU Jember tersebut. 

 

Sementara itu Yenny Wahid sendiri ketika dikonfirmasi terkait kemenangan Jokowi-KH Ma'ruf Amin di Jatim mengatakan, bahwa kemenangan di Jawa Timur itu milik rakyat Jawa Timur sendiri. 

 

’’Terlalu berlebihan jika saya dianggap faktor penentu. Ada banyak pihak yang berjuang bersama memenangkan pasangan Jokowi-Ma’ruf Amin,’’ katanya. 

 

Yenny lalu menyebut nama Khofifah Indar Parawansa, Gus Ipul, Pakde Karwo, elemen kyai kampung, dan banyak nama lainnya lagi. 

 

’’Mereka-mereka ini semua yang ikut andil besar memenangkan pak Jokowi - Kyai Ma'ruf,’’ pungkasnya. (ari)

Share on Facebook
Share on Twitter
Please reload

Featured Posts

Anugerah Ariyadi De Facto Jabat Waketum Komisi B

January 16, 2018

1/1
Please reload

Recent Posts
Please reload

Archive