• White Facebook Icon
  • White Instagram Icon
  • White Twitter Icon

© 2016 by Mercury Media Group

Pemprov Jatim akan beri bantuan bagi petugas yang akan lakukan Penghitungan atau Pemungutan Suara Ulang Pemilu 2019

April 23, 2019

 

Sby,MercuryFM - Wakil Gubernur (Wagub) Jawa Timur Emil Elestianto Dardak bakal mengusulkan agar Pemprov Jatim ikut bergotong royong melancarkan Pemungutan maupun Penghitungan Suara Ulang Pemilu 2019. Hal ini menyikapi banyaknya daerah di Jatim yang direkomendasikan Bawaslu Jatim agar dilakukan Penghitungan ataupun Pemungutan Suara Ulang di sejumlah daerah. 

 

Bentuk gotong rotong yang dilakukan di antaranya adalah dengan mengirimkan bantuan makanan gratis bagi para petugas di TPS yang melakukan Penghitungan maupun Pemungutan Suara Ulang.

 

"Kita harus menghargai petugas, mereka yang berjuang untuk melakukan penyelenggaraan Pemilu. Bahkan ada yang tidak tidur, dan ada yang cerita ke saya sampai minum 11 cangkir kopi, lho. Jadi saya harap benar-benar dipertimbangkan untuk memutuskan proses di TPS itu dinilai tidak memenuhi syarat dan dilakukan PSU," kata Emil (23/04/19).

 

Tidak hanya itu, Emil Dardak juga meminta agar dalam pelaksanaan nanti petugas juga diberikan waktu istirahat yang cukup. Ia juga meminta agar proses perhitungan tidak dilakukan terburu-buru, dan petugasnya juga tidak dibuat gupuh.

 

Lebih lanjut Emil mengatakan, pihaknya optimistis pelaksanaannya nanti di Jatim kalaupun  benar dilakukan akan berlangsung dengan lancar. Dan penyelenggara tidak perlu dibuat alergi untuk kegiatan tersebut serta harus menunjukkan keterbukaan.

 

Sebab, kata Emil, sejauh ini pihaknya sudah mengamati apa yang membuat para petugas sampai kelelahan di beberapa titik hingga menimbulkan petugas sakit dan bahkan hingga menelan korban jiwa. 

 

"Namun sejauh ini kita belum menerima permintaan bantuan khusus tapi saya akan coba usulkan ke Bakesbangpol gimana kita bisa gotong royong. Misalnya membantu makanan untuk support ke beliau yang bertugas," tegasnya.

 

Saat ini ada sebanyak 8 TPS yang direkomendasikan Pemungutan Suara Ulang (PSU) oleh Bawaslu Jatim. Yaitu di TPS 3 Desa Masalima Kecamatan Masalembu Sumenep, TPS 3 Desa Trapang Kecamatan Banyuates Sampang, TPS 6 Desa Madupat Kecamatan Camplong, Sampang,  TPS 9 Desa Rabesen Kecamatan Camplong Sampang, TPS 1 Desa Awang-Awang Mojosari, Kabupaten Mojokerto, TPS 7 Kelurahan Kranggan Kecamatan Kranggan Mojokerto, TPS 10 Desa Dahanrejo Kecamatan Kebomas Gresik, TPS 15 Desa Banyoning Laok Kecamatan Geger, Bangkalan.

 

Sedangkan untuk Surabaya Bawaslu Surabaya merekomendasikan untuk dilakukan Penghitungan Suara Ulang di masing masing TPS. (ari)

Share on Facebook
Share on Twitter
Please reload

Featured Posts

Anugerah Ariyadi De Facto Jabat Waketum Komisi B

January 16, 2018

1/1
Please reload

Recent Posts
Please reload

Archive