PSU di Surabaya lancar, tapi tingkat partisipasi turun

April 27, 2019

 

Sby, MercuryFM - Komisi Pemilihan Umum menyebut pemungutan suara ulang di Tempat Pemungutan Suara (TPS) 28 Kelurahan Rungkut Menanggal, Kecamatan Gunung Anyar, dan TPS 11 Kelurahan Lidah Kulon, Kecamatan Lakarsantri, Kota Surabaya, Jawa Timur, Sabtu, berjalan lancar.

"Sejauh ini perkembangan PSU sejak pukul tujuh sampai siang ini tidak ada masalah, lancar. Mudah-mudahan tingkat partisipasinya sama," kata Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Surabaya Nur Syamsi saat mengunjungi pelaksanaan PSU di TPS 28 Rungkut Menanggal.

Menurut dia, petugas Kelompok Penyelenggaraan Pemungutan Suara (KPPS) di TPS 28 sudah berupaya dengan menempel pengumuman PSU dan menyebarkan undangan pemilihan atau C6.

Saat ditanya jika tingkat partisipasinya menurun, Nur Syamsi mengatakan bukan berarti pelaksanaan  PSU yang dilakukan KPPS kurang maksimal, karena pelaksanaannya tidak hari libur atau diliburkan, melainkan hari normal. Bahkan sejumlah kantor dan perusahaan pada pelaksanaan PSU kali ini tetap masuk kerja.

Selain itu, lanjut dia, memilih itu adalah hak warga. "Kita sebagai pelaksana tidak bisa memaksanakan. Adapun yang bisa kita lakukan adalah menyampaikan informasi dan imbauan," ujarnya.

Secara umum, Nur Syamsi memberikan catatan bahwa kejadian di dua TPS merupakan bagian dari risiko yang harus dihadapi petugas KPPS ketika mereka bertugas di kota besar dengan tingkat mobilitas penduduk yang cukup tinggi.

"Belum lagi tingkat kelelahan cukup tinggi, karena petugas KPPS bertugas tidak hanya pada pelaksanaan pencoblosan melainkan sejak H-1, tapi juga menyiapkan TPS dan menyampaikan C6 juga," katanya.

Untuk pelaksanaan PSU di TPS 28 dan  TPS 11 ini, KPU Surabaya sudah menganggarkannya sejak H-3. Hanya saja, Nur Syamsi kurang tahu berapa nilai  anggaran tersebut.

"Proses penghitungan di TPS ini akan disampaikan ke PPK menyusul rekapitulasi yang sedang berjalan di Kecamatan Gunung. Sebetulnya rekapitualsi di Gunung Anyar sudah selesai, karena ada PSU ditunda," katanya.(alam)

Share on Facebook
Share on Twitter
Please reload

Featured Posts

Anugerah Ariyadi De Facto Jabat Waketum Komisi B

January 16, 2018

1/1
Please reload

Recent Posts
Please reload

Archive
Please reload

Search By Tags

I'm busy working on my blog posts. Watch this space!

Please reload

Follow Us
  • Facebook Basic Square
  • Twitter Basic Square
  • Google+ Basic Square
  • White Facebook Icon
  • White Instagram Icon
  • White Twitter Icon

© 2016 by Mercury Media Group