Writing Competition Beswan Djarum 2019 pacu mahasiswa berpikir kritis dan sanggup menyelesaikan masalah dalam masyarakat

May 3, 2019

 

Sby, MercuryFM - Djarum Foundation kembali menggelar ajang Writing Competition Beswan Djarum 2019 kepada mahasiswa berprestasi penerima program Djarum Beasiswa Plus. Dimana ajang Writing Competition Beswan Djarum ini sebagai wadah penuangan ide gagasan untuk mengajak mahasiswa berpikir kritis

 

Salah satu juri Final Regional Surabaya, Dr Ir Bambang Sampurno mengatakan 59 dari 175 peserta penerima program Djarum Beasiswa Plus 2018-2019 bersaing

pada Writing Competition Beswan Djarum 2019. Dan 10 peserta di antaranya melaju pada Final Regional Surabaya. Mereka bersaing ide gagasan untuk kategori yaitu humaniora atau ilmu pengetahuan dan teknologi (iptek).

 

"Mereka menuangkan kreatifitasnya dalam bentuk tulisan, kemampuan ini harus selalu diasah sebagai modal dasar meningkatkan kreatifitas, solusi persoalan masyarakat dan bekal pemimpin bangsa," kata Bambang Sampurno di Djarum Foundation Surabaya, Jumat (3/5/2019).

 

Bambang menjelaskan para peserta ditantang memberikan kontribusi positif sebagai solusi dan penuangan ide gagasan dalam bentuk esai. "Generasi muda calon pemimpin bangsa harua terbiasa memberikan solusi kreatif dan cerdas untuk permasalahan bangsa," jelasnya.

 

 

Sementara itu Juri Final Writing Competition 2019, Isa Anshori menambahkan para penerima beasiswa program Djarum Besiswa Plus 2018-2019, Menuangkan kreativitasnya dalam bentuk karya tulis. Selain itu juga mempresentasikan gagasan mereka untuk meyakinkan para juri.

 

"Karya ilmiah harus yang mempertahankan ide-ide terukurnya, jangan sampai jadi karya awang-awang karena kami sering menjumpai ekspektasi besar, jadi diharapkan bisa menjadi gambaran kualitas berpikir yang kreatif, inovatif dan obyektif," tuturnya.

 

Para peserta membawa ide-ide kreatif mereka berdasarkan ilmu yang sedang ditekuninya. Kompetisi ini merupakan kelanjutan dari rangkaian pembekalan soft skills yang diberikan Beswan Djarum.

Pembekalan tersebut seperti program character building dan leadership development untuk membekali mahasiswa-mahasiswi melihat persoalan, memberikan solusi dan tahapan implementasi tentang ide mereka.

 

Ditambahkan Bambang tahun ini terdapat peningkatan kemampuan mahasiswa dalam menuangkan ide gagasan mereka.

 

"Dari data tahun 2018, ada 35 pserta dan tahun ini 59 peserta. Peningkatan kualitas dan kuantitas, kami hampir kesulitan karena kompetisi lumayan ketat untuk memilih dua terbaik di dua kategori," pungkas Bambang Sampurno.(Dani)

 

Share on Facebook
Share on Twitter
Please reload

Featured Posts

Anugerah Ariyadi De Facto Jabat Waketum Komisi B

January 16, 2018

1/1
Please reload

Recent Posts
Please reload

Archive