Atasi banjir di beberapa wilayah Jatim, Gubernur akan lakukan beberapa langkah antisipasi banjir

May 6, 2019

 

Sby,MercuryFM - Beberapa langkah akan dilakukan oleh pemerintah propinsi Jatim dalam mengatasi banjir musiman yang melanda beberapa kawasan di Jatim.

 

Di kawasan Gresik Lamongan yang dilintasi Kali Lamong, yang kerap terjadi banjir yang menenggelamkan beberapa desa yang ada dikawasan tersebut, Pemprop Jatim akan membuat tanggul sepanjang 7 Km dikawasan Kali Lamong tersebut.

 

"Jadi untuk mengatasi banjir di sekitar Kali Lamong yang masuk wilayah Gresik dan Lamongan, maka dibutuhkan tanggul sepanjang 7,1 km di Kali Lamong. Selain proses pengerukan dasar sungai yang juga akan dilakukan," kata Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa pada Senin (6/5/2019).

 

Khofifah mengatakan, rencananya, Pemprov Jatim akan mulai melakukan pembebasan lahan di Kabupaten Gresik pada tahun 2019 ini. Langkah ini harus dilakukan secepatnya supaya banjir di bantaran Kali Lamong bisa diatasi.

 

"Kalau sudah komunikasi dengan masyarakat maka pembebasan lahan akan dilakukan pada tahun 2019 dan groundbreaking akan dilaksanakan pada tahun depan," tandas Gubernur.

 

Selain membangun tanggul, lanjut Gubernur Pemprov Jatim juga akan membuat sudetan di beberapa titik di sungai bengawan Solo Kabupaten Bojonegoro dan sungai Welang yang ada di Kabupaten Pasuruan. Di dua titik tersebut, banjir juga sering terjadi setiap tahun karena debit air sungai sudah tidak tertampung.

 

"Jadi di beberapa titik juga perlu dibangun sudetan-sudetan seperti di Bojonegoro harus ada sudetan sampai ke laut. Begitu juga yang ada di Kali Welang Pasuruan harus dibangun sudetan untuk mengatasi banjir," pungkasnya.

 

Seperti diketahui, banjir melanda bantaran sungai Kali Lamong di Gresik beberapa hari ini. Akibat luapan air Kali Lamong, sebanyak 18 kecamatan di wilayah Kabupaten Gresik terendam air setinggi satu meter.

 

 

Selain kawasan Gresik banjir juga melanda kawasan Mojokerto dan Jombang. Bahkan sebagai rasa empati Gubernur perempuan pertama di Jatim ini, tadi melihat langsung kondisi banjir yang ada di kawasan Mojokerto dan Jombang.

 

Selain melihat kondisi yang ada Gubernur juga melihat kesiapan dapur umum yang di buat untuk memberikan suplai makanan kepada warga yang terkena dampak banjir tersebut. Bahkan Gubernur juga memberikan bantuan makanan dan perlengkapan yang di butuhkan warga yang terdampak banjir tersebut. (ari)

Share on Facebook
Share on Twitter
Please reload

Featured Posts

Anugerah Ariyadi De Facto Jabat Waketum Komisi B

January 16, 2018

1/1
Please reload

Recent Posts
Please reload

Archive