• White Facebook Icon
  • White Instagram Icon
  • White Twitter Icon

© 2016 by Mercury Media Group

Denda 5% bagi pengusaha yang terlambat bayar THR

May 10, 2019

 

Sby,MercuryFM - Pemerintah Provinsi Jawa Timur melalui Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi kembali mengingatkan agar perusahaan tidak terlambat membayarkan THR kepada karyawannya minimal H-7 Lebaran. 

 

Himawan Estu Bagijo Kadistrans Jatim mengatakan, Disnakertrans Provinsi Jatim membuka posko pengaduan Tunjangan Hari Raya (THR) bagi pekerja/buruh. Posko pengaduan ini tersebar di 17 titik di 15 daerah di Jatim. 

 

"Sesuai Permenaker Nomor 20 Tahun 2016 tentang tata cara pemberian sanksi administratif, pengusaha yang tidak membayar THR Keagamaan dikenakan sanksi administratif berupa teguran tertulis dan pembatasan kegiatan usaha." kata Himawan, saat membuka posko THR dan buka puasa bersama, Jumat, (10/5/2019) di Kantornya Jalan Dukuh Menanggal Surabaya.

 

Himawan mengatakan, Khofifah Indar Parawansa Gubernur Jatim telah menerbitkan Surat Edaran kepada Bupati/Wali Kota agar memperhatikan, mengawasi, dan memastikan perusahaan melakukan pembayaran THR tepat waktu kepada pekerja.

 

"Seperti yang sudah teman-teman terima semuanya ini surat edarannya 9 Mei, ditandatangani dan ini termasuk sangat cepat karena ini kita merespon program Cetar. Ada tiga hal yang paling penting di dalam konstruksi surat edaran ini yaitu bahwa semua bagi Walikota diharapkan akan melakukan respon quick respon terhadap surat edaran ini dan memantau pelaksanaan pemberian THR di kabupaten kota terhadap pekerja."tegasnya. 

 

Ia juga mengingatkan agar besaran pemberian THR di kabupaten kota sama. 

 

"Diharapkan besaran THR itu sama untuk semua wilayah yaitu satu kali gaji bagi mereka yang sudah bekerja 1 tahun atau lebih atau seperduabelas dari bulan mereka bekerja. Jadi kalau 3 bulan bagi 3 per 12 kali 1 kali gaji."jelas Himawan. 

 

Pembayaran THR paling lambat H-7 lanjutnya, agar daya beli buruh tetap terjaga.   

 

"Kenapa begitu supaya daya beli buruh itu naik dan mereka tidak panik menghadapi hari raya sehingga mereka bisa menikmati hari raya dengan baik. Kalau terlambat ada Denda 5%."tambahnya. 

 

Terkait kepatuhan pembayaran THR,  Estu menjelaskan,  tahun lalu ada 18 perusahaan yang belum patuh dalam pembayaran THR karyawannya. Namun sudah diselesaikan. 

 

"Gambarannya begini tahun yang lalu itu memang ada beberapa perusahaan yang terlambat membayarnya, juga ada yang kemudian di awal sudah menyampaikan bahwa kita tidak mampu membayar sesuai dengan aturan. Ada dua persoalan. Jika tidak sesuai dengan aturan  kita serahkan kepada para pihak. Bagaimana mengenai kekurangan. Inilah gunanya posko bisa kemudian menjembatani kepentingan yang tidak sama. misalnya tidak bisa membayar sesuai aturan itu kemampuannya berapa dan itu disepakati di antara mereka itu harus dilaporkan ke kita."pungkas Himawan Estu.(Alam)

 

Berikut ini 17 titik Posko Pengaduan THR:

 

1. Kantor Disnakertrans Jatim Jl Dukuh Menanggal No.124-126 Surabaya.

2. UPT BLK Surabaya Jl Dukuh Menanggal III/29 Surabaya.

3. UPT BLK Wonojati Jl. Raya Mondoroko No 1 Singosari, Malang.

4. UPT BLK Singosari Jl. Raya Singosari No.1 Malang.

5. UPT BLK Nganjuk Jl. Kapten Kasihin HS No. 3 Nganjuk.

6. UPT BLK Mojokerto Desa Jabon, Puri, Mojokerto.

7. UPT BLK Pasuruan Jl Pahlawan Sunaryo No. 96 S, Pandaan, Pasuruan.

8. UPT BLK Jember Jl Basuki Rahmad No 203 Jember.

9. UPT BLK Tuban Jl Wahidin Sudirohusodo Tuban.

10. UPT BLK Jombang Jl Anggrek No. 4 Jombang.

11. UPT BLK Sumenep Jl Gapura Parsanga, Sumenep.

12. UPT BLK Madiun Jl Sumatera No. 27 Caruban, Madiun.

13. UPT BLK Bojonegoro Jl Dr HOS Cokroaminoto KM 5 Bojonegoro.

14. UPT BLK Kediri Jl Wates KM1,5, Gedang Sewu, Pare, Kediri.

15. UPT BLK Tulungagung Jl Raya Pulosari Ngunut, KM 8 Tulungagung.

16. UPT BLK Ponorogo Jl. Ngudi Kaweruh, Karanglo Lor, Sukorejo, Poborogo.

17. UPT BLK Situbondo Jl Basuki Rahmat No. 357 Situbondo.

Share on Facebook
Share on Twitter
Please reload

Featured Posts

Anugerah Ariyadi De Facto Jabat Waketum Komisi B

January 16, 2018

1/1
Please reload

Recent Posts
Please reload

Archive