Diwarnai aksi gebrak meja saksi, rekapitulasi hasil pemilu di Jatim molor dari jadwal semula

May 9, 2019

 

Sby,MercuryFM - Rekapitulasi hasil penghitungan perolehan suara Pemilihan Umum 2019 di Provinsi Jawa Timur akhirnya molor dari jadwal semula. Dimana rekapitulasi yang dijadwal 5 hari mulai tanggal 5 hingga 9 Mei ternyata tidak selesai sampai dini hari, Jumat (10/05/19). 

 

Dalam rekapitulasi yang berlangsung sejak tanggal 5 Mei kemarin, sampai dengan dini hari ini, KPU Jawa Timur baru menyelesaikan 34 daerah tersisa 4 kabupaten di Madura yaitu Bangkalan, Sampang, Pamekasan dan Sumenep.

 

Berdasarkan pantauan di lapangan, rekap untuk Kabupaten Pamekasan berjalan alot. Bahkan diwarnai aksi gebrak meja dari salah satu saksi parpol peserta pemilu karena KPU dan Bawaslu Jatim dinilai bertele-tele dalam memutuskan protes keberatan dari saksi Partai Demokrat.

 

“Gebrak meja itu hanya untuk memberi shock therapy kepada KPU dan Bawaslu Jatim lantaran tak kunjung dapat memutuskan protes yang diajukan Partai Demokrat,” ujar Boy Rahmatullah salah seorang saksi DPD RI saat dikonfirmasi Jumat (10/5/2019).

 

Aksi gebrak meja dilakukan oleh saksi dari Partai Golkar, Sahat Tua Simanjuntak itu,  juga ditanggapi santai oleh ketua KPU Jatim Choirul Anam. 

 

“Tadi kan peserta rekap sudah banyak yang mengantuk jadi Bang Sahat cuma bikin aksi biar suasana hidup lagi. Saya yang menyaksikan hanya tertawa,” kelakar Kang Anam sapaan akrab Choirul Anam.

 

Diakui Anam, akibat adanya protes dari saksi Partai Demokrat maka rekap hasil penghitungan perolehan suara di Kabupaten Pamekasan terpaksa di skor dilanjutkan besok.

 

“Solusi atas keberatan yang diajukan Partai Demokrat sesuai rekomendasi Bawaslu adalah mencocokkan antara data DA1 dengan DB1. Hasilnya baru akan dibacakan besok,” ungkapnya. 

 

Mantan komisioner KPU Kota Surabaya juga mengakui, akibat alotnya rekap untuk Kabupaten Pamekasan, maka pelaksanaan rekap di tingkat provinsi akan diperpanjang. Karena hingga Jumat dini hari (10/05/19) malam baru merampungkan 34 kabupaten/kota di Jatim. 

 

“Insya Allah hanya diperpanjang satu hari karena tinggal 4 kabupaten di Madura,” pungkasnya. (ari)

 

Share on Facebook
Share on Twitter
Please reload

Featured Posts

Anugerah Ariyadi De Facto Jabat Waketum Komisi B

January 16, 2018

1/1
Please reload

Recent Posts
Please reload

Archive
Please reload

Search By Tags

I'm busy working on my blog posts. Watch this space!

Please reload

Follow Us
  • Facebook Basic Square
  • Twitter Basic Square
  • Google+ Basic Square
  • White Facebook Icon
  • White Instagram Icon
  • White Twitter Icon

© 2016 by Mercury Media Group