Jawab protes saksi KPU Jatim akhirnya buka data DA1 dan DB 1untuk Kabupaten Bangkalan

May 10, 2019

 

Sby,MercuryFM - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jatim akhirnya memberikan dengan menyandingkan data DA 1 dan DB 1 untuk mensikronkan protes Partai Gerindra serta beberapa partai terkait suara yang hilang dalam rekapitulasi hasil pemilu legislatif (Pilleg) di Kabupaten Bangkalan.

 

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jatim Choirul Anam mengatakan didepan para saksi dalam rekapitulasi, dari hasil pembicaraan antara KPU Jatim, KPU Kabupaten Bangkalan dan Bawaslu Jatim, disepakati untuk di buka data yang ada  untuk menyandingkan data yang dimiliki saksi dengan hasil yang ada di KPU Bangkalan.

 

"Dari hasil pembicaraan yang kita lakukan dengan Bawaslu akhirnya disepakati untuk menyandingkan data DA 1 dan DB 1 yang dimiliki KPU dengan data yang dimiliki saksi," ujar Choirul Anam yang disambut aplus para saksi yang mengikuti rekapitulasi.

 

Kata kang Anam sapaan akrab Choirul Anam, keputusan ini diambil untuk mengakomodir keberatan para saksi terhadap hasil perhitungan yang dilakukan dalam rekapitulasi yang dilakukan di Kabupaten Bangkalan oleh KPU Bangkalan.

 

"Kita ingin agar semua permasalahan yang ada bisa terselesaikan ditingkat propinsi. Namun bila nanti ada yang masih keberatan, KPU mempersilahkan untuk melanjutkan dalam mekanisme lain yakni melalui MK ataupun DKPP" lanjut Anam.

 

Pantauan ditempat rekapitulasi, keputusan KPU Jatim ini mendapat respon antusias dari para saksi yang ada. Dimana meski pada awalnya hanya PKS dan PAN yang mempermasalahkan hilangnya suara untuk suara DPRD Jatim dan Partai Gerindra untuk DPR RI, kesempatan buka data DA 1 dan DB 1 untuk disandingkan dengan data saksi, benar benar dimanfaatkan oleh saksi yang ada.

 

Tampak para saksi memanfaatkan kesempatan itu untuk ikut menyandingkan data yang mereka miliki. Baik untuk Parpol dan DPD.

 

Sementara itu akibat adanya penyandingan data, rekapitulasi suara akhirnya kembali alami kemoloran. KPU Jatim akhirnya sepakat proses penendatanganan hasil rekapitulasi untuk Kabupaten Bangkalan akan dilakukan pagi hari jam 9 pagi. (ari)

Share on Facebook
Share on Twitter
Please reload

Featured Posts

Anugerah Ariyadi De Facto Jabat Waketum Komisi B

January 16, 2018

1/1
Please reload

Recent Posts
Please reload

Archive