• White Facebook Icon
  • White Instagram Icon
  • White Twitter Icon

© 2016 by Mercury Media Group

Tumbuhkan imunitas sosial anak dengan Listen To Me

May 20, 2019

Sby,MercuryFM - Siswa siswi SD Muhammadiyah 15 Surabaya mengikuti berbagai kegiatan Pondok Ramadhan untuk mengisi datangnya Bulan Suci Ramadhan. Pondok Ramadhan yang dimulai tanggal 20 sampai 23 Mei 2019 itu, diwarnai berbagai kegiatan Sholat Dhuha dan Tadarus yang diikuti oleh siswa dan orang tua. Lalu Listen To Me curhat siswa ke orang tua, Family Excahange  pertukaran orang tua siswa dan Sholat Dhuhur berjamaah.

Ari Santoso pembicara dari Griya Parenting mengatakan, pentingnya komunikasi antara anak dan orang tua. Melalui kegiatan Listen To Me yang digagas SDM Limas bisa berlanjut dirumah siswa.

"Ini peristiwa yang masih langka. Dimana ada forum anak-anak curhat ke orang tua. Prosesnya diawali dengan kebiasaan sehingga kebiasaan ini tidak hanya formal tapi bergeser kerumah" ujarnya.

Ari Santoso menambahkan ternyata ada banyak hal yang tidak terpikirkan orang tua menjadi masalah bagi anak.

"Orang tua patut mencermati curhat mereka, karena itu isi hati anak-anak" jelasnya.

Menurut Ari dengan begitu potensi anak, bakat dalam bertumbuh kembang akan muncul.

"Dan yang lebih penting lagi akan muncul imunitas anak. Kemampuan menyaring informasi dari anak itu muncul sendiri, karena mendapatkan ruang waktu dan pupuk dari orang tua. Anak-anak akan jauh lebih imun. Kesadaran akan baik dan buruk itu muncul" pungkasnya.

Sementara itu Royanatul Habibah Ketua Panitia Pondok Ramadhan menambahkan untuk Family Exchange diikuti oleh 12 siswa klas 5 dan 6. Mereka akan berganti orang tua dan tinggal di rumah keluarga baru mulai siang sampai selesainya tarawih selama sehari.

"Agar mereka tahu hidup dengan orang lain itu begini, dan melatih kemandirian. Ini sebagai evaluasi pembelajaran dikelas. Anak diajak mandiri bersosialisasi dengan orang lain" pungkasnya.(Alam)

 

Share on Facebook
Share on Twitter
Please reload

Featured Posts

Anugerah Ariyadi De Facto Jabat Waketum Komisi B

January 16, 2018

1/1
Please reload

Recent Posts
Please reload

Archive
Please reload

Search By Tags

I'm busy working on my blog posts. Watch this space!

Please reload

Follow Us