Mainkan tarif selama angkutan lebaran, Dishub Jatim ancam cabut izin bus

May 31, 2019

 

Sby,MercuryFM - Dinas Perhubungan (Dishub) Jawa Timur memastikan tidak ada kenaikan atau permainan tarif tiket bus selama mudik dan balik lebaran. Dinas Perhubungan telah menurunkan personel untuk memantau tarif tiket bus sesuai dengan aturan yang berlaku. 

 

"Gubernur sesuai kewenangannya tidak merevisi tarif angkutan, baik batas bawah maupun atas. Jadi saya menyertakan petugas tidak berseragam, naik bus-bus untuk mengetahui kepastian bahwa tidak ada harga yang dipermainkan," ujar kepala Dinas Perhubungan Propinsi Jatim Fattah Jasin, Jumat (29/05/19)

 

Menurut Fatah pihaknya mengingatkan kepada perusahaan otobus maupun kondektur tidak menaikan tarif bus melebihi batas yang ditentukan. Terutama untuk kelas ekonomi bus angkutan kota dalam provinsi (AKDP) yang jadi wewenangan Pemprov Jatim. 

Perusahaan otobus yang nakal, tetap menaikkan tarif, sanksi telah menunggu. 

 

"Sudah ada diperingatkan, atau kalau tidak begitu dicabut (izin trayek) pada akhirnya. Sampai pencabutan kalau itu terbukti memang terjadi dan berulang-ulang," tuturnya. 

 

Sementara itu dalam angkutan lebaran tahun ini, Dinas Perhubungan, lanjut Fattah, memprediksi kenaikan pengguna moda transportasi bus pada mudik naik 3-5 persen dari tahun lalu sebanyak 3,2 juta penumpang. Langkah antisipasi telah dilakukan jika nantinya terjadi lonjakan penumpang cukup tajam. 

 

"Operator bus, telah menyiapkan bus cadangan yang setiap saat ketika dibutuhkan siap dioperasikan. Saya secara fleksibel akan mengeluarkan izin trayek untuk AKDP," tuturnya. 

 

Selain itu untuk memberikan kenyamanan dan keselamatan pada masyarakat,  secara berkala pihaknya terus dilakukan ram check kepada seluruh armada yang dioperasikan selama arus mudik dan balik 2019. Terutama yang menyangkut tentang keselamatan penumpang. 

 

"Cek kendaraan berkala ini akan digelar Pemprov Jawa Timur di terminal tipe B yang menjadi kewenangannya," pungkasnya. (ari)

Share on Facebook
Share on Twitter
Please reload

Featured Posts

Anugerah Ariyadi De Facto Jabat Waketum Komisi B

January 16, 2018

1/1
Please reload

Recent Posts
Please reload

Archive
Please reload

Search By Tags

I'm busy working on my blog posts. Watch this space!

Please reload

Follow Us
  • Facebook Basic Square
  • Twitter Basic Square
  • Google+ Basic Square
  • White Facebook Icon
  • White Instagram Icon
  • White Twitter Icon

© 2016 by Mercury Media Group