• White Facebook Icon
  • White Instagram Icon
  • White Twitter Icon

© 2016 by Mercury Media Group

KPU RI akan lantik 180 komisoner KPU 36 Kota Kabupaten di Jatim periode 2019-2024

June 12, 2019

 

Sby, MercuryFM - Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI Arif Budiman akan melantik 180 komisioner KPU di 36 kabupaten/kota se-Jawa Timur, periode 2019 - 2024, menggantikan komisoner KPU Kota Kabupaten yang habis masa tugasnya 2014-2019, Kamis (13/6/2019). Pelantikan tersebut akan dilakukan di Surabaya.

 

Komisioner KPU Jatim Divisi Sumber Daya Manusia (SDM) dan Penelitian dan Pengembangan (Litbang), Rochani, pelantikan seharusnya dilakukan di Jakarta. Karena ada sesutu hal maka pelantikan akan dilakukan di Kota Surabaya.

 

"Karena jumlahnya besar dan masuk di dalam momentum arus balik lebaran, kami mengusulkan dilakukan di Surabaya. Pelantikan ini tidak untuk Kabupaten Probolinggo dan Tulungagung. Karena mereka sudah lebih dahulu purna jabatan Maret dan April kemarin" kata Rochani ketika dikonfirmasi di Surabaya, Rabu (12/6/2019). 

 

Rochani menambahkan bahwa proses seleksi untuk para calon komisioner tersebut berjalan cukup ketat. Dan KPU Jatim juga telah menggelar uji kelaikan dan kepatutan (fit and proper test) untuk calon komisioner selama tiga hari (Jumat-Sabtu, 31/5- 2/6/2019) di Surabaya lalu. 

 

"Komisioner KPU Jatim bertindak sebagai penguji berdasarkan surat KPU RI tentang pendelegasian kewenangan," kata Rochani.

 

Saat fit and proper test, lanjut Rochani, masing-masing kabupaten/kota menyetorkan 10 nama yang akan diuji. 10 nama tersebut merupakan hasil seleksi dari tim seleksi (timsel) yang telah bekerja selama sebulan terakhir.

 

"Pada prinsipnya, kami melihat kapasitas mereka sebagai penyelenggara pemilu," jelasnya

 

Fit and proper tes yang dilakulan KPU Jatim kata Rochani, menjadi rangkaian terakhir seleksi bagi para calon komisioner Kabupaten/Kota. 

 

"Dari hasil fit and proper test, kami serahkan ke KPU RI untuk dilakukan per-rangking-an," katanya. Pada tanggal 11 Juni kemarin KPU RI sudah memgeluarkan SK menetapkan ragking 1 sampai 10 nama komisoner diasing masing kabupaten kota yang bersangkutan. 5 besar sebagai komisoner terpilih dan no 6 sampai 10 merupakan cadangan komisoner untuk PAW (Pergantian Antar Waktu) bila nanti terjadi," pungkasnya.

 

Sebelumnya, para calon Komisioner juga telah mengikuti serangkaian seleksi. Mulai dari pendaftaran, seleksi administrasi, tes psikologi, tes kesehatan, hingga tes wawancara. (ari)

 

 

Share on Facebook
Share on Twitter
Please reload

Featured Posts

Anugerah Ariyadi De Facto Jabat Waketum Komisi B

January 16, 2018

1/1
Please reload

Recent Posts
Please reload

Archive