• White Facebook Icon
  • White Instagram Icon
  • White Twitter Icon

© 2016 by Mercury Media Group

Komisioner KPU disetiap tingkatan diminta mengedepankan transparansi, integritas dan kualitas

June 13, 2019

 

 

Sby, MercuryFM - Prinsip transparasi, integritas dan kualitas harus menjadi pegangan komisioner KPU (Komisi Pemilihan Umum) disemua tingkatan termasuk di Kota kabupaten. Hal ini menjadi penting didalam menjaga profesionalisme KPU dalam menjalankan tugasnya sebagai penyelenggara pilkada serentak mendatang di tahun 2020.

 

"Ini yang selalu saya tekankan untuk Komisioner KPU yang ada disemua tingkatan. Dengan mengedepankan tiga hal tersebut maka diyakini kinerja Komisioner KPU akan sesuia dengan apa yang dikehendaki masyarakat sebagai penyeleanggara pesta demokrasi yang profesional dinegera ini termasuk pilkada Gubernur-Wakil Gubernur, Bupati-Wakil Bupati dan Walikota-Wakil Walikota," ujar ketua KPU RI Arif Budiman setelah melantik180 Komisioner KPU 36 Kota-Kabupaten se jatim, di Surabaya, Kamis (13/06/19)/.

 

Menurut Arif selain tiga hal tersebut, pihaknya juga meminta agar komisioner KPU juga mengedepankan kebersamaan dalam menjalankan roda organisiasi di KPU ini. Kolektif Kolegeal harus menjadi pegangan dalam menjalankan organisasi ini selama masa tugas komisioner selama lima tahun kedepan.

 

"Pengembilan keputusan harus diputuskan secara bersama. ketua bukan menjadi penentu dalam sebuah keputusan. sehingga ini yang saya minta kepada semua komisoner KPU disemua tingkatan agar kebersamaan selalu dijaga," jelasnya.

 

Sementara itu ketika disinggung terkait persiapan komisoner yang baru dilantik menghadapi pilkada serentak 2020 khusunya di jatim, mantan Komisioner KPU Jatim ini mengatakan, semua yang terlibat dalam pilkada serentak 2020 akan menunggu dulu peraturan KPU yang saat ini masih disusun oleh KPU RI.

 

"Karena tahun 2020 pelaksanaan pilkada harinya serentak, Kita masih menyusun tahapan tahapan yang akan dilakukan oleh mereka komisoner KPU Propinsi, Kota, Kabupaten yang akan melaksanakan Pilkada serentak. Baru setelah itu mereka akan bekerja memulai tahapan. Kita menergetkan akhir Juni sampai bulan Juli aturan KPU terkait pilkada serentak 2020 akan selesai," terangnya.

 

Namun Arif Budiman menegaskan bahwa pada awal bulan September nanti akan diloncing satu tahun menjelang pelaksanaan Pilkada serenyak 2020. 

 

"Kita berharap semua komisioner KPU propinsi, Kota dan Kabupaten sudah menyiapkan diri sejak awal sehingga ketiak memasuki bulan September saat loncing setahun menjelang Pilkada serentak kita semua komisioner yang terlibat telah memiliki kesiapan yang matang," pungkasnya. (ari)

 

Share on Facebook
Share on Twitter
Please reload

Featured Posts

Anugerah Ariyadi De Facto Jabat Waketum Komisi B

January 16, 2018

1/1
Please reload

Recent Posts
Please reload

Archive