• White Facebook Icon
  • White Instagram Icon
  • White Twitter Icon

© 2016 by Mercury Media Group

Pemkot ingin bangun TPA B3, Dewan soroti soal lokasi dan dampaknya

June 17, 2019

Sby, MercuryFM - DPRD Surabaya mendukung pembangunan tempat pengelolaan limbah berbahaya (B3) di wilayahnya. Ketua Komisi D Bidang Kesra DPRD Surabaya, Agustin Poliana menyampaikan, bahwa adanya tempat pengelolan limbah berbahaya sudah menjadi kebutuhan. "Pasalnya, di Surabaya terdapat sejumlah rumah sakit dan tempat praktek dokter. Berdasarkan data Dinas kesehatan, di Surabaya terdapat 59 rumah sakit dan 4.970 tempat praktek dokter" ujarnya.

Agustin mengaku, tak ada masalah dengan anggran yang harus disiapkan untuk pembangunan tempat pengelolan limbah B-3. Namun, pembiayaan yang menggunakan dana APBD tersebut harus dilakukan secara multiyears, karena adana yang dibutuhkan relatif besar. Ia berharap, dengan adanya tempat pengelolan limbah berbahaya adan beracun, maka seluruh rumah sakit dan tempat praktek dokter harus membuang di tempat tersebut.

Agustin mengaku, persoalan yang harus mendapatkan solusi dalam pembangunan tempat pengelolaan limbah berbahaya adalah menentukan lokasinya. Pemerintah kota sebenarnya menyiapkan lahan di kawasan Surabaya Barat. Namun, kalangan dewan yang daerah pemilhannya di sekitar kawasan tersebut merasa keberatan, sebab di kawasan surabaya sudah dijadikan lokasi pembuangan sampah.

Selain itu Agustin juga mengingatkan soal keamanan akan dampak limbah itu kepada masyarakat. "Kalau memang dibangun harus dijamin soal keamanan terhadap dampaknya. Jangan sampai ada rembesan yang kemudian berdampak terhadap kesehatan" pungkasnya.(alam)

 

 

Share on Facebook
Share on Twitter
Please reload

Featured Posts

Anugerah Ariyadi De Facto Jabat Waketum Komisi B

January 16, 2018

1/1
Please reload

Recent Posts
Please reload

Archive
Please reload

Search By Tags

I'm busy working on my blog posts. Watch this space!

Please reload