• White Facebook Icon
  • White Instagram Icon
  • White Twitter Icon

© 2016 by Mercury Media Group

Kasus Hepatitis A meningkat, Dinkes Jatim sosialisasi pencegahan

June 24, 2019

 

Sby,MercuryFM - Meningkatnya kasus Hepatitis A di beberapa  desa di Kabupaten Pacitan, disikapi Dinas Kesehatan Provinsi Jatim dengan peninjauan lokasi. Peninjauan lokasi didampingi Dinas Kesehatan Kabupaten Pacitan.

Selama peninjauan lokasi dilakukan pula sosialialisasi dan bimbingan langsung terkait tata laksana pasien, surveilans dan pengendalian risiko penularan. Serta telah dilakukan advokasi untuk penetapan KLB.

"Langkah yang dilakukan kita akronimkan menjadi “TaSPen” , Tata Laksana pasien , Surveilans yg intens , Pengendalian risiko infeksi" kata Kadinkes Jatim dr.Kohar Hari Santoso.

Kohar menambahkan untuk Tata laksana pasien, antara lain:

1.Tirah baring sampai ikterus negatif atau kadar bilirubin < 1 g%.
2. Diet bergizi tinggi.
3. Obat supportif / roborantia
4. Isolasi dan higiene Individu agar tidak menjadi sumber penular.
5. Petugas menggunakan APD (sarung tangan) dan cuci tangan alkohol 96 % bergliserin.

Kohar juga mengatakan  petugas medis harus mencuci tangan sebelum dan sesudah menyentuh pasien, begitu terhadap benda milik pasien untuk mengurangi resiko penularan.

Dinkes Jatim juga melakukan Surveilans dengan melakukan pemantauan berkelanjutan agar mampu memetakan sebaran kasus dan faktor risiko serta langkah penanganan. Upaya ini dilakukan di antaranya dengan mengisi SKDR (sistem kewaspadaan dini dan respon) secara tertib dan akurat.

Sedangkan pengendalian faktor resiko penularan dengan melakukan Sosialisasi PHBS, buang air besar pada jamban sehat. Cuci tangan pakai sabun saat selesai buang air besar, sebelum makan. Air minum direbus hingga mendidih selama 5 menit dan disimpan dalam tempat tertutup. Makanan dimasak dengan benar dan ditutup.  Sumur dan tampungan air diberi kaporit sesuai standar. Limbah rumah tangga berjarak minimal 10 meter dari sumur / sumber air , pencucian alat makan dengan sabun dan air mengalir , sampah dikelola agar tidak mencemari lingkungan.(Alam)

Share on Facebook
Share on Twitter
Please reload

Featured Posts

Anugerah Ariyadi De Facto Jabat Waketum Komisi B

January 16, 2018

1/1
Please reload

Recent Posts
Please reload

Archive
Please reload

Search By Tags