• White Facebook Icon
  • White Instagram Icon
  • White Twitter Icon

© 2016 by Mercury Media Group

Lounching logo dan maskot Porprop, Gubernur berharap akan muncul atlit potensial Jatim di Arena Porprop 2019

June 26, 2019

Sby, MercuryFM - Gelaran Pekan Olah Raga Propinsi (Porprop) Jatim ke VI 2019 diyakini Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa akan meningkatkan sportivitas hingga mengasah kualitas para atlet. Bahkan Gubernur berharap pula para atlet peserta Porprop bisa meraih berbagai penghargaan internasional nantinya.

 

"Sebetulnya atlet Jatim sudah menembus dunia, kita ingin menguatkan yang milenial karena pesertanya mulai dari 16 tahun. Kita ingin mengajak milenial menuju prestasi. Kita juga harus menyiapkan generasi alfa menuju prestasi," kata Gubernur disela peluncuran logo dan maskot Porprop VI di Gedung Negara Grahadi, Rabu (26/06/19).

 

Selain itu Gubernur berharap pula lima maskot yang di loncing hari ini bis menjadi penyemangat para atlit dalam menorehkan prestasi serta bisa membanggakan Kabupaten yang akan ditempati pelaksanaan Porprop VI ini.

 

Lima maskot Porprop yang dijenalkan ke publik tersebut yakni Lilo atau ikan lele khas Lamongan yang merepresentasikan kelincahan, kecerdasan dan semangat juang tanpa henti.

 

Maskot kedua yakni Meli yakni burung meliwis putih atau belibis dari Bojonegoro yang berkepribadian lincah, cepat, cerdas dan berprestasi. 

 

Selanjutnya ada Lawe atau kuda Ronggolawe yang membawa jiwa semangat, kecepatan, kekuatan, menjunjung nilai sportivitas, fairplay dan penuh komitmen. Lawe merupakan gambaran dari sosok ketokohan Ronggolawe, Adipati Tuban. 

 

Sementara ada pula Giro atau kerbau giras yang menjadi simbol berkobarnya semangat masyarakat Gresik. 

 

Terakhir yakni Beki atau Ayam Bekisar yakni fauna khas Jawa Timur. Ayam bekisar melambangkan sifat berani, lincah, milenial dan berprestasi. 

 

"Lima maskot ini penting untuk identifikasi kita semua. Bisa menjadi motivasi atkit yang bertanding dan menjadi kebanggan warga Kabuoaten yang menjadi venue nantinya. Ada warteg yang berada di Aceh sampe Papua, orang Lamongan akan percaya diri bawa maskot Lilo karena pecel Lamongan," pungkas Gubernur.

 

Sementara itu, ketua KONI Jatim Erlangga Satriagung mengatakan sebagai penanda dimulainya Porprop ini, akan ada arak arak an Obor Pekan Olahraga Propinsi (Porprop) Jawa Timur VI. Dan dijadwalkan mulai dikarak, 1-4 Juli 2019. Start dari Kayangan Api Bojonegoro, obor Porprop akan finish di GOR Surajaya Lamongan. 

 

Kata Erlangga, tiga srikandi mantan atlet senior Jawa Timur, Lilis Handayani mantan atlet Panahan, Minarti Timur mantan atlet Bulutangkis, dan Henny Maspaitella mantan atlet Atletik akan terlibat dalam arak arak an obor tersebut.

 

Menurut Erlangga, api obor Porprop Jatim akan diambil dari sumber api abadi di Kayangan Api Bojonegoro, Senin 1 Juli 2019. Kemudian diarak menuju Pendopo Bupati Tuban, Lamongan, Gresik, Gedung Negara Grahadi Surabaya, dan kembali ke Lamongan di Stadion Surajaya Lamongan. 

 

"Akan ada kirap obor api keliling mulai dari Kayangan api Bojonegoro, ke pendopo Tuban, Pendopo Lamongan, Pendopo Gresik, Grahadi dan kembali ke Stadion Surajaya Lamongan mulai tanggal 1-4 Juli mendatang," ujar Erlangga 

 

Porprop Jatim VI yang berlangsung 6-13 Juli itu bakal mempertandingkan 525 nomor dari 40 cabang olahraga. Erlangga menyebut, sebanyak 7818 atlet siap bertarung disetiap cabang olahraga. Nantinya para atlet ini akan dipersiapkan untuk PON Papua 2020 mendatang. (ari)

 

 

 

 

Share on Facebook
Share on Twitter
Please reload

Featured Posts

Anugerah Ariyadi De Facto Jabat Waketum Komisi B

January 16, 2018

1/1
Please reload

Recent Posts
Please reload

Archive