• White Facebook Icon
  • White Instagram Icon
  • White Twitter Icon

© 2016 by Mercury Media Group

Pemprop nilai turun nya harga ayam di tingkat peternak karena over supplay

July 3, 2019

 

Sby,MercuryFM - Peternak mulai sedikit lega karena harga ayam mulai merangkak. Dimana sebelumnya harga ayam Rp 7 sampai 8 ribu per kilogram, kini naik menjadi Rp 13 ribu.

 

Kepala Dinas Perdagangan Jatim Drajat Irawan mengatakan, normalnya harga ayam di tingkat peternak Rp 18- 21 ribu per kilogram.

 

"Meski ada sedikit kenaikan, harga Rp 13 ribu ini masih belum normal," kata Drajat Irawan saat ditemui di Kantor DPRD Jatim Jalan Pahlawan Surabaya, Rabu (03/07/19).

 

Namun, Drajat mengakui jika harga ini memang belum naik. Dia menyebut harga normalnya biasanya Rp 18 ribu hingga Rp 21 ribu. Untuk itu pihaknya melakukan beberapa upaya demi menstabilkan harga kembali.

 

"Intinya itu yang pertama harga ayam ini memang terutama yang peternak mandiri. Harga ayam hidup ini sempat Rp 7 ribu sampai Rp 8 ribu. Tapi kemudian sudah ada pergerakan lebih baik," ucapnya.

 

"Normalnya kan Rp 18 sampai 21 ribu di tingkat peternak. Dengan kata lain perlu upaya-upaya agar harganya kembali normal. Tapi sejauh ini sudah dilakukan upaya-upaya itu," imbuh Drajat.

 

Saat ditanya apa yang menjadi penyebab harga ayam di sektor peternak turun drastis, Drajat mengatakan dirinya dibantu beberapa pihak masih menyelidiki. Namun Drajat menduga faktor over supply bisa menjadi salah satu penyebab. 

 

"Kenapa ini bisa terjadi? Karena memang dari sisi produksi ada over supply ayam. Over supply ayam di mana diperkirakan Ramadhan dan Idul Fitri ada permintaan yang banyak dan besar ternyata permintaan itu jauh di bawah perkiraan. Sehingga terjadinya satu proses di mana over supply," pungkasnya.

 

Untuk diketahui, peternak ayam merasa rugi karena karena terjadi perbedaan harga yang tinggi antara di peternak dengan di pasaran. Harga ayam di tingkat peternak Rp 7 sampai 8 ribu. Sementara harga di konsumen Rp 32-40 ribu. Dengan begitu ada selisih harga 400 persen antara harga di peternak hingga sampai di konsumen. (ari)

Share on Facebook
Share on Twitter
Please reload

Featured Posts

Anugerah Ariyadi De Facto Jabat Waketum Komisi B

January 16, 2018

1/1
Please reload

Recent Posts
Please reload

Archive
Please reload

Search By Tags