Pemerintah harus segera cari solusi atasi merosotnya pendapatan warung makanan pasca keberadaan jalan tol trans Jawa

July 6, 2019

 

Sby,MercuryFM - Keberadaan jalan tol trans jawa memang memberi solusi terkait transportasi yang ada. Namun disisi lain keberadaan jalan tol juga memberikan dampak negatif bagi para pedagang yang ada disekitar tol pasca keberadaan jalan tol tersebut.

 

Dari kajian Komisi B DPRD Jatim, banyak para pedagang sentra ekonomi kecil disekitar jalan tol yang mengeluh kehilangan pelanggan pasca keberadaan jalan tol. Sehingga solusi kongkrit harus dilakukan oleh pemerintah kota Kabupaten dan Propinsi terkait hal itu.

 

"Catatan kami, sentra ekonomi dan warung yang dulunya sering dilewati, kini tidak mendapatkan perhatian pasca ada tol. Ini yang harus kita carikan solusi agar keneradaan mereka tidak mati," kata Ketua Komisi B DPRD Jatim, Achmad Firdaus di Surabaya, Sabtu (05/07/19). 

 

Komisi sebagai komisi yang membidangi masalah perekonomian kata Firdaus, mengaku mendapatkan laporan dari sejumlah pelaku pasar di sekitar tol. Mayoritas di antara mereka adalah produsen makanan. 

 

"Omset mereka mengalami penurunan cukup drastis. Rata-rata makanan yang terdampak. Kalau souvenir, mereka memilih pindah kios," katanya tanpa menyebut detail angka. 

 

Menurut Firdaus, dengan kondisi semacam itu pihaknya mendorong pemerintah daerah untuk mencari alternatif solusi. 

 

"Ini akan menjadi tantangan pemerintah daerah kabupaten/kota. Biar bagaimana pun, kalangan UMKM makanan dan minuman ini berkontribusi membangkitkan ekonomi daerah. Ironisnya, rest area yang ada di tol biasanya justru di isi pelaku-pelaku (pedagang) besar. Sekali lagi, ini masalah yang harus dicari jalan keluarnya," tegasnya. 

 

Di Jawa Timur, lanjutnya industri makanan dan minuman telah berkontribusi sebesar 31,2 persen terhadap Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) Jatim yang total mencapai Rp2.063 triliun. Kontribusi makanan dan minuman tersebut menjadi yang terbesar di antara sektor lain. 

 

"Prinsipnya, kami bukan mengambinghitamkan keberadaan tol, namun memang ada tantangan yang harus dihadapi. Meskipun memang ada beberapa dampak positif yang bisa dirasakan masyarakat pasca dibukanya tol," pungkas politisi partai Gerindra ini.

 

Dari data yang ada hingga saat ini Jawa Timur dilewati beberapa ruas tol yang merupakan bagian dari jalan Tol Trans Jawa. Di antaranya, Wilangan - Kertosono, Kertosono - Bandar, Porong - Gempol, hingga Pasuruan - Grati. Terbaru, pemerintah juga telah meresmikan tol Pandaan-Malang pada pertengahan Mei lalu. (ari)

 

 

 

 

Share on Facebook
Share on Twitter
Please reload

Featured Posts

Anugerah Ariyadi De Facto Jabat Waketum Komisi B

January 16, 2018

1/1
Please reload

Recent Posts
Please reload

Archive
Please reload

Search By Tags

I'm busy working on my blog posts. Watch this space!

Please reload

Follow Us
  • Facebook Basic Square
  • Twitter Basic Square
  • Google+ Basic Square
  • White Facebook Icon
  • White Instagram Icon
  • White Twitter Icon

© 2016 by Mercury Media Group