37 Pejabat di Jatim LHKPN nya di klarifikasi KPK

July 8, 2019

 

Sby,MercuryFM - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) melakukan pengawasan terhadap 37 pejabat di Jawa Timur untuk melakukan pencegahan terhadap kasus korupsi di Jatim. 

 

Sebagai tahap awal, komisi anti rasuah itu melakukan klarifikasi terhadap Laporan Hasil Kekayaan Pejabat Negara (LHKPN) di kantor Gubernur Jawa Timur Jalan Pahlawan Surabaya pada pagi tadi Senin (8/7/2019).

 

Kasatgas Pemeriksaan LHKPN Kedeputian Pencegahan KPK Nexio Helmus mengatakan, pemeriksaan para pejabat itu dalam rangka untuk mendorong transparansi penyelanggara negara.

 

"Kita penekanannya pencegahan sekaligus juga pengawasan internal. Sekaligus membuat perbaikan. Kita mendorong dalam pengawasan ada tranparansi kewajiban penyelenggara negara untuk melaporkan sesuai undangan nomor 28 tahun 1999, penyelenggara negara yang bebas korupsi," katanya.

 

Menurut Nexio, pemeriksaan itu dilakukan atas harta bergerak dan tak bergerak, sebagaimana tercantum dalam LHKPN yang sudah disetorkan kepada KPK. 

 

Diharapkan, dengan adanya pemeriksaan itu, lanjutnya, KPK lebih optimal dalam menjalanan fungsi pencegahan dan pengawasan. 

 

"Jadi yang diperiksa meliputi tanah, kalau harta bergerak mobil, kendaraan. Seperti pada umumnya laporan kewajiban penyelenggara negara untuk melaporkan. Kalaupun nanti ada tambahan lagi dalam kegiatan pemeriksaan ini, itu semata-mata untuk perbaikan dalam rangka pengawasan," tambahnya.

 

Dari data yang dihimpun, pada tahap pertama, ada tujuh pejabat yang diklarifikasi oleh KPK. Dari ketujuh itu diantaranya adalah Bupati Ponorogo Ipong Muchlisoni. Pemeriksaan itu dilakukan oleh KPK sampai dengan lima hari kedepan.

 

"Ada tiga sesi. Pagi sampai siang. Rankaian pemeriksaan sendiri semua pejabat yang dimaksud akan berlangsung selama seminggu terhitung sejak hari Senin sampai Jumat. Sesi pertama ini baru selesai satu, Sekdaprov Ponorogo. Bupati Ponorogo sesi 1 masih berlangsung. Di sesi 2 ada salah satunya dari Sumenep," pungkasnya. (ari)

Share on Facebook
Share on Twitter
Please reload

Featured Posts

Anugerah Ariyadi De Facto Jabat Waketum Komisi B

January 16, 2018

1/1
Please reload

Recent Posts
Please reload

Archive
Please reload

Search By Tags

I'm busy working on my blog posts. Watch this space!

Please reload

Follow Us
  • Facebook Basic Square
  • Twitter Basic Square
  • Google+ Basic Square
  • White Facebook Icon
  • White Instagram Icon
  • White Twitter Icon

© 2016 by Mercury Media Group