• White Facebook Icon
  • White Instagram Icon
  • White Twitter Icon

© 2016 by Mercury Media Group

Jadi tersangka korupsi Jasmas, Wakil Ketua DPRD Surabaya ditahan

July 16, 2019

 

Sby,MercuryFM - Kejaksaan Negeri Tanjung Perak Surabaya akhirnya menetapkan Darmawan Wakil Ketua DPRD Kota Surabaya sebagai tersangka dalam kasus korupsi dana Jaring Aspirasi Masyarakat (Jasmas) tahun anggaran 2016. Pasca penetapan status tersangka itu, pihak Kejari Tanjung Perak menahan tersangka Darmawan dan menitipkannya di Rutan Kejati Jatim pada Selasa 16/07/2019. Sebelum penahanan itu, Darmawan diperiksa oleh tim penyidik Kejari Tanjung Perak mulai pagi sampai sore hari.

 

Kepala Kejari Tanjung Perak Rachmad Supriadi mengatakan penetapan tersangka terhadap Darmawan berdasarkan lebih dari 2 alat bukti yang menunjukkan keterlibatan tersangka. "Tersangka merupakan pengembangan penyelidikan dari terdakwa Setiawan Jong dalam kasus yang sama" jelas Rachmad. 

 

Rachmad menambahkan Darmawan mengkoordinir 20 proposal dari RT untuk pengadaan barang dari anggaran Jasmas Pemkot Surabaya. "Dari kegiatan itu tersangka menerima komisi, untuk detailnya masih kita dalami. Tapi Setiawan Jong mendapatkan hasil Rp 5 milyar dari mark up pengadaan barang itu" jelasnya.

 

Kasus ini bermodus mengkoordinir 230 ketua RT yang ada di Surabaya untuk mengajukan proposal pengadaan tenda, kursi dan soundsystem. Oleh tersangka, proposal itu diajukan ke anggota dewan untuk disetujui. Dana pengadaan itu diambil dari dana Jasmas. Oleh Setiawan Jong, harga barang tersebut dimark up hingga Rp 5 miliar.

 

Sementara itu Darmawan tidak mau berkomentar banyak saat digiring ke mobil tahanan. "Nanti saja ya nanti" ujarnya.

 

Sebelumnya pihak Kejari Tanjung Perak menetapkan anggota DPRD Surabaya Sugito sebagai tersangka dalam peran yang sama dengan Darmawan. Rachmad mengatakan tidak tertutup kemungkinan bakal ada tersangka lainnya dalam kasus ini. Sebelumnya pihak Kejari Tanjung Perak memeriksa 4 anggota dewan dan 2 pimpinan dewan. Dua diantaranya sudah ditetapkan sebagai tersangka dan mendiami rutan Kejati Jatim.(Alam)

Share on Facebook
Share on Twitter
Please reload

Featured Posts

Anugerah Ariyadi De Facto Jabat Waketum Komisi B

January 16, 2018

1/1
Please reload

Recent Posts
Please reload

Archive
Please reload

Search By Tags