Kadin Jatim dorong program pemagangan di perusahaan lebih ditingkatkan untuk ciptakan SDM berkualitas

July 17, 2019

Sby, MercuryFM - Sinergitas antara dunia usaha-industri dengan dunia pendidikan sangat diperlukan dalam menghasilkan sumber daya yang mumpuni dalam menghadapi tantangan jaman. Senergitas ini sangat bermanfaat dalam upaya memenuhi kebutuhan tenaga kerja yang kompeten dan siap pakai bagi perusahaan dan dunia usaha.

"Bila ini dijalankan maka akan meningkatkan kwalitas SDM yang ada khususnya SDM dari sekolah kejuruan. sehingga lulusan kejuruan kedepan akan mampu berperan lebih kreatif dan normatif dalam pembangunan." ujar ketua BKSP (Badan Koordinasi Sertifikasi Profesi) Jawa Timur Adik Dwi Putranto SH dalam keterangan setelah membuka sharing dan workshop bagaimana mengelola pemagangan perusahaan yang bekerja sama dengan Kadin Jatim dan  IHK (Kadin) Trier Jerman yang berlangsung di Gedung Kadin Jatim, Surabaya (16/07/19).

Menurut Adik, program pemagangan baik berupa Praktek Kerja Lapangan (PKL)  atau Prakerin, yang memberikan kesempatan siswa sekolah kejuruan untuk bergabung dengan dunia usaha atau Industri sangat lah diperlukan.

Dengan adanya program tersebut maka selain akan memberikan kesempatan siswa untuk bergabung dengan dunia usaha atau perusahaan atau istilahnya terjun langsung, juga akan memberikan keuntungan bagi perusahaan karena mereka mendidik anak anak yang memiliki kemampuan dari segi teori.

"Ini jelas akan memberikan keuntungan yang saling menerima antara perusahaan dengan siswa yang melakukan pemagangan. Perusahaan atau industri akan mendapatkan tenaga yang memiliki kemampuan teori yang memadai untuk diterapkan. Sedangkan siswa akan bisa menerapkan teori yang didapakannya dalam kegiatan usaha atau industri yang ini akan menambah pengalaman siswa," jelasnya.

Adik juga yakin dengan program ini perusahaan tidak akan alami kerugian sebab mereka siswa yang magang tidak harus diberi upah sesuai UMK/UMR selama mereka melakukan pemagangan. 

"Perusahaan jelas akan mendapatkan tenaga yang cukup mumpuni secara teori yang ini nantinya bisa di ambil sebagai karyawan resmi perusahaan setelah mereka lulus sekolah nanti bila perusahaan memerlukan," pungkasnya.

 

Sementara itu,  Andreas Gosche tenaga ahli IHK (Kadin) Trier Jerman sangat mendukung program pemagangan yang dilakukan melalui dunia usaha atau dunia Industri. Pragram ini akan membawa dampak positif khususnya bagi siswa siswi sekolah kejuruan.

 

"Di Jerman program semacam ini berjalan cukup baik. Dan ini yang membuat negara Jerman cukup unggul dalam hal Industri di dunia Internasional," ujarnya dalam keterangan dengan menggunakan bahasa Indonesia yang cukup baik.

 

Menurut Gosche bila ini benar benar diterapkan di Indonesia proses pemagangan ini, maka akan menciptakan SDM yang memiliki kemampuan lebih di siswa siswi sekolah kejuruan yang ada.

 

"Siswa akan memiliki kemampuan yang kompleks. Selain teori, mereka juga akan mendapatkan kesempatan untuk mengaplikasikan secara langsung teori yang didapati. Saya yakin bila ini dilakukan mulai saat ini dan ada kewajiban pemagangan, 20 sampai 20 tahun kedepan SDM Indonesia akan bisa bersaing ditingkat dunia," jelasnya.(ari)

 

Share on Facebook
Share on Twitter
Please reload

Featured Posts

Anugerah Ariyadi De Facto Jabat Waketum Komisi B

January 16, 2018

1/1
Please reload

Recent Posts
Please reload

Archive
Please reload

Search By Tags

I'm busy working on my blog posts. Watch this space!

Please reload

Follow Us
  • Facebook Basic Square
  • Twitter Basic Square
  • Google+ Basic Square
  • White Facebook Icon
  • White Instagram Icon
  • White Twitter Icon

© 2016 by Mercury Media Group