Kinerja Dinas Pertanian Jatim amburadul padahal memiliki anggaran yang besar

July 17, 2019

 

Sby,MercuryFM - Kinerja Dinas Pertanian Pemerintah Propinsi (Pemprop) Jatim dipertanyakan DPRD Jatim. Pasalnya dengan anggaran yang dialokasikan dari APBD Jatim tahun 2018 yang sangat besar, mencapai Rp 229 M. Nilai tukar petani di Jatim di tahun 2019  berdasarkan data dari BPS Jatim cuma naik 1,06 %.

 

“Kami merasa kinerja Dinas Pertanian perlu ditingkatkan lagi. Tak maksimal memanfaatkan anggaran besar yang dimilikinya,” jelas Ketua Komisi B DPRD Jatim  Achmad Firdaus Febrianto saat dikonfirmasi di Surabaya, Rabu (17/07/19).

 

Selain nilai tukar petani, kata politisi asal Lamongan ini, salah satu alat ukur kinerja lainnya yaitu tentang kemampuan dalam membaca kondisi pertanian di Jatim yang juga kurang.

 

"Kami merasa Dinas Pertanian Jatim kurang bisa memetakan permasalahan petani di Jatim. Buktinya  belakangan ini beberapa komoditi pertanian di Jatim anjlok harganya di pasaran,” jelas politisi asal Partai Gerindra ini.

 

"Terbukti kasus anjloknya Buah Naga di Banyuwangi beberapa wakti lalu yang harga jualnya sampai 1.000 rupiah per kilogram. Ini bukti yang nyata," lanjutnya.

 

Firdaus juga membeberkan ketidakberesan kinerja dari dinas Pertanian Jatim diantaranya juga tampak pada banyak alat mesin pertanian(alsintan) yang baru dan distribusikan ke petani ternyata banyak petani di lapangan yang tak bisa mengoperasikan alsintan tersebut.

 

“Dampaknya mesin tersebut mangkrak dan tak bisa dioperasikan. Seharusnya Dinas Pertanian Jatim memberikan pelatihan ke petani untuk pengoperasian alsintan tersebut,” jelasnya.

 

Dengan kondisi semacam ini, politisi Partai Gerindra ini berharap agar Gubernur Khofifah Indar Parawansa, ke depannya memilih calon kepala dinas Pertanian yang benar-benar mengerti kondisi lapangan dan sering turun ke lapangan.

 

"Ini menjadi catatan serius Gubernur bila mengingikan petani Jatim alami kemakmuran. Untuk itu sosok kepala dinas pertanian yang memiliki kemampuan dan mengerti seluk beluk pertanian serta memiliki inovasi sangat diperlukan," pungkasnya. (ari)

Share on Facebook
Share on Twitter
Please reload

Featured Posts

Anugerah Ariyadi De Facto Jabat Waketum Komisi B

January 16, 2018

1/1
Please reload

Recent Posts
Please reload

Archive
Please reload

Search By Tags

I'm busy working on my blog posts. Watch this space!

Please reload

Follow Us
  • Facebook Basic Square
  • Twitter Basic Square
  • Google+ Basic Square
  • White Facebook Icon
  • White Instagram Icon
  • White Twitter Icon

© 2016 by Mercury Media Group