Jelang purna tugas, Risma diminta lepaskan Surat Ijo

July 24, 2019

 

Sby,MercuryFM - Persatuan Pemegang Tanah Surat Ijo Surabaya (P2TSIS) berharap Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini melepas status lahan surat ijo, sebagai kado manis di masa akhir jabatannya.

Tuntutan itu disampaikan  puluhan anggota P2TSIS, usai bertemu dengan Komisi A DPRD Surabaya untuk mengadukan persoalan tersebut Rabu (24/07/2019).

Endung Sutrisno juru bicara P2TSIS mengatakan bahwa pengakuan lahan yang saat ini dilabeli surat ijo oleh Pemkot Surabaya tidak memiliki dasar hukum yang kuat sebagai pemilik tanah milik negara tersebut.

“Pemukim lahan surat ijo ini asal usulnya jelas yakni jual beli, dan memiliki kelengkapan surat yang lengkap. Pertanyaannya, apa yang menjadi dasar Pemkot mengaku sebagai asetnya, lha wong PBB masih kami yang bayar,” tegasnya.

Endung menjelaskan kalau pihak Pemkot mengaku sebagai pemilik aset, tentunya warga pengguna lahan surat ijo hanya diwajibkan membayar retribusi, sementara untuk PBB menjadi kewajiban pemilik. "Lha ini dua-duanya menjadi tanggung jawab kami. Jelas ini memberatkan dan terindikasi adanya akal-akalan,” tandas Endung.

Endung mengatakan jika pihaknya akan siap mengikuti aturan yang berlaku, andaikan Pemkot Surabaya memberikan peluang untuk permohonan hak milik kepada negara, karena menurutnya lahan yang ditempati selama puluhan tahun bahkan turun menurun ini statusnya Tanah Negara. 

Endung membandingkan persoalan lahan surat ijo dengan kebijakan disejumlah daerah. "Pemerintah daerah Bandung sejak 2001 membebaskan lahan surat ijo untuk masyarakat, begitu juga di Makassar dan DKI Jakarta yang membebaskannya untuk lanjut usia" pungkas Endung.

Persoalan lahan surat ijo muncul di beberapa  tempat di Surabaya. Diantaranya Bozem Kelurahan Morokrembangan Kecamatan Krembangan Surabaya. Warga meminta agar Pemkot Surabaya memberikan dukungan penuh terhadap pemohon hak kepemilikan lahan pemukiman yang statusnya tanah negara.(Alam)

Share on Facebook
Share on Twitter
Please reload

Featured Posts

Anugerah Ariyadi De Facto Jabat Waketum Komisi B

January 16, 2018

1/1
Please reload

Recent Posts
Please reload

Archive
Please reload

Search By Tags

I'm busy working on my blog posts. Watch this space!

Please reload

Follow Us
  • Facebook Basic Square
  • Twitter Basic Square
  • Google+ Basic Square
  • White Facebook Icon
  • White Instagram Icon
  • White Twitter Icon

© 2016 by Mercury Media Group