KPU cari formulasi iklan kampanye jelang Pilkada Serentak

July 25, 2019

 

Sby,MercuryFM - Fasilitasi iklan kampanye yang melibatkan pihak ketiga yang cenderung merugikan media mendapat perhatian dalam evaluasi penyelenggaraan pemilu di Jatim. Pasalnya, iklan kampanye yang melibatkan pihak ketiga masih menyisakan masalah.

Komisioner KPU Jatim Gogot Cahyo Baskoro mengaku akan menyampaikan masalah itu ke KPU pusat. Sejauh ini, tidak bisa maksimal karena pihak ketiga lebih mementingkan profit.

"Kita sampaikan ke KPU pusat agar menjadi perbaikan pelaksanaan pemilu serentak di 19 kabupaten/kota di Jatim. Termasuk usulan media agar fasilitasi iklan kampanye tidak melibatkan pihak ketiga dimana dirasa merugikan," ujarnya saat melakukan evaluasi bersama KPU Surabaya bersama pihak-pihak terkait, Rabu (24/7/2019). 

Menurutnya, dalam pengelolaan keuangan negara harus akuntabel dan transparan. Sesuai aturan menteri keuangan, setiap penggunaan anggaran negara lebih dari Rp 200 juga harus melalui mekanisme lelang.

"Tapi untuk kepentingan bersama jika ada dasar hukumnya siap melaksanakan tanpa lelang," ungkapnya.

Wakil Sekretaris DPC PDI Perjuangan Kota Surabaya Anas Karno, menilai KPU kurang melakukan sosialisasi kepada masyarakat. Buktinya, tidak sedikit yang mengetahui caleg peserta pemilu 2019.

"Sosialisasinya kurang, masyarakat nggak tahu calegnya," ujaranya usai rapat evaluasi.

Anas menegaskan, selain kurang sosialisasi, di lapangan banyak pemasangan APK yang tumpang tindih. Bahkan, aturan tentang pemasangan APK tidak diketahui oleh peserta pemilu.

"Selama kampanye aturan pemasangan APK tebang pilih, artinya ada yang boleh pasang (APK) dan ada yang tidak," tukasnya.(Alam)

Share on Facebook
Share on Twitter
Please reload

Featured Posts

Anugerah Ariyadi De Facto Jabat Waketum Komisi B

January 16, 2018

1/1
Please reload

Recent Posts
Please reload

Archive
Please reload

Search By Tags

I'm busy working on my blog posts. Watch this space!

Please reload

Follow Us
  • Facebook Basic Square
  • Twitter Basic Square
  • Google+ Basic Square
  • White Facebook Icon
  • White Instagram Icon
  • White Twitter Icon

© 2016 by Mercury Media Group