Partai Demokrat gelar sekolah partai untuk perkuat kinerja anggota legislatifnya setelah dilantik nantinya

July 26, 2019

 

Sby,MercuryFM - Partai Demokrat tingkatkan kapabilitas dan kapasitas anggota DPRD Provinsi dan Kabupaten/Kota dalam sekolah partai, sebelum secara resmi mereka dilantik sebagai anggota legislatif periode 2019-2024 di seluruh Jatim, baik DPRD Propinsi, Kota maupun Kabupaten. Ini tampak dengan gelaran pendidikan dan pelatihan yang dilakukan DPD Partai Demokrat Jatim mulai 26-30 Juli 2019 di Surabaya.

 

Menurut ketua DPD Partai Demokrat Jatim Soekarwo, kegiatan yang diselenggarakan di Hotel Mercure Surabaya yang dibagi menjadi empat gelombang itu, juga bagian dari menjalankan amanat peraturan yang dibuat Kemendagri terhadap para calon anggota legislatif disemua tingkatan sebelum mereka dilantik.

 

"Tapi pelatihan anggota legislatif yang kita lakukan ini ditambah dengan materi tentang Partai Demokrat dan melibatkan pakar-pakar eksternal serta menggali dari dalam tentang permasalahan budaya dan basis ideologi," ujar Pakde Karwo sapaan akrab Soekarwo disela-sela acara, Jumat (26/07/19).

 

Pakde Karwo berharap ideologi jangan sampai berhenti pada  diskripsi dan tidak bisa dijalankan dalam kehidupan sehari-hari. Dirinya mencontohkan salah satunya Partai Demokrat fokus di kelompok petani dan UMKM karena 57 persen PDRB Jatim ditopang oleh sektor UMKM.

 

"Itu hanya pancingan saja, jadi bukan harus itu. Maksudnya dialegtika mencari dan terus mencari mana yang paling tepat agar para legislator itu tetap disenangi dan dipilih oleh masyarakat," ungkapnya.

 

Diakui mantan Gubernur Jatim dua periode ini, perjuangan di DPRD juga bergantung pada fraksi. Mengingat, fraksi merupakan alat kepanjangan tangan dan wajah partai, sehingga saat anggota fraksi membacakan laporan fraksi harus tahu apakah itu dibuat sendiri atau dibuatkan staf ahli fraksi.

 

"Karena itu saya mengusulkan kepada sekretaris dan fraksi supaya memiliki dua staf ahli dari luar dan satu dari partai," pintanya.

 

Pakde Karwo juga menjelaskan, hasil dari pendidikan dan pelatihan ini,  nilainya bukan dikuantifikasi. Tapi merasa perlu dengan konsep ini sehingga menjadi tahu bagaimana semangat menggebu-gebu untuk menjadi lebih baik.

 

"Kalau menjadi lebih baik maka peluang terpilih kembali juga semakin besar," dalihnya. 

 

Dalam acara yang digelar ini juga mendatangkan pakar dari luar yang dilibatkan untuk memberikan pengayaan para calon anggota legislatif dari Partai Demokart se Jatim. Diantaranya Dr Mohhtar W Oetomo, Dr Martono, dan Prof Hotman Siahaan.  (ari)

Share on Facebook
Share on Twitter
Please reload

Featured Posts

Anugerah Ariyadi De Facto Jabat Waketum Komisi B

January 16, 2018

1/1
Please reload

Recent Posts
Please reload

Archive
Please reload

Search By Tags

I'm busy working on my blog posts. Watch this space!

Please reload

Follow Us
  • Facebook Basic Square
  • Twitter Basic Square
  • Google+ Basic Square
  • White Facebook Icon
  • White Instagram Icon
  • White Twitter Icon

© 2016 by Mercury Media Group