PDI Perjuangan Jatim akan gelar sekolah partai untuk anggota Dewannya se Jatim

August 1, 2019

 

Sby,MercuryFM - Anggota DPRD Propinsi, Kota dan Kabupaten dari PDI Perjuangan Jatim akan ikuti sekolah partai dalam bentuk bimbingan teknis (bimtek) yang akan diselenggarakan Dewan Pimpinan Daerah (DPD) PDI Perjuangan Jawa Timur, pasca pelantikan anggota dewan oleh KPU Propinsi Jatim, KPU Kota dan Kabupaten se Jatim.

 

Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) PDI Perjuangan Jatim, Kusnadi, mengatakan bimtek tersebut merupakan kegiatan rutin yang dilakukan oleh partai kepada angota legislatifnya. Dan periode kemarin 2014-2019 digelar di Sidoarjo.

 

"Untuk periode saat ini 2019-2024, masih belum tahu dimana nantinya. Tapi kita sudah ada sekolah partai yang ada di kawasan Batu Malang. Kemungkinan besar disana nantinya," ujarnya.

 

Menurut Kusnadi, kegiatan ini nantinya akan diisi dengan berbagai materi. Di antaranya, materi ideologi, kepartaian, serta tugas dan fungsi kedewanan.

 

Ini dilakukan karena tidak semua anggota dewan terpilih menguasai sekaligus beberapa hal tersebut. Sebab masih ada juga anggota dewan yang baru yang belum pernah menjadi anggota dewan sebelumnya.

 

"Selain itu anggota dewan terpilih merupakan kader partai yang berasal dari latar belakang beraneka ragam, bukan hanya politisi atau pun pejabat," katanya.

 

Kusnadi yang juga Anggota DPRD Jatim terpilih periode 2019-2024 ini menegaskan bahwa kader partai PDI Perjuangan harus bisa menerjemahkan tujuan partai. Utamanya dalam mengawal kepentingan masyarakat dan kebijakan pusat untuk diterapkan di masyarakat.

 

"Jangan sampai kader PDI Perjuangan justru tidak tahu apa fungsi dan ideologi partai. Ini yang harus dipahami setiap Dewan PDI Perjuangan terpilih," katanya. 

 

Kusnadi juga mengatakan kegiatan ini bagi PDI Perjuangan bukan hanya bagi Anggota DPRD, PDI Perjuangan juga memberikan pendidikan politik bagi para calon kepala daerah. 

 

"Kalau untuk kepala daerah lebih lama, bisa sekitar dua minggu," kata Kusnadi yang kini masih menjabat sebagai Wakil Ketua DPRD Jatim ini.

 

Seperti diketahui, saat ini, KPU Jatim dan beberapa KPU Kabupaten/Kota memang belum menetapkan anggota dewan terpilih. Sebab, KPU masih menunggu putusan Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU) oleh gugatan beberapa partai di Mahkamah Konstitusi (MK) yang diputuskan pada 6-9 Agustus nanti. 

 

Berdasarkan hasil pemilu 2019, PDI Perjuangan mengalami peningkatan kursi cukup drastis. Di DPRD Jatim, PDI Perjuangan mengamankan 27 kursi dari 120 kursi DPRD Jatim atau naik 8 kursi dibandingkan periode 2014-2019.  

 

Jumlah tersebut menggeser PKB yang berada di peringkat kedua yang mendapatkan 25 kursi. Bukan hanya itu, PDI Perjuangan juga berhak mendapatkan Kursi Ketua DPRD Jatim. (ari)

Share on Facebook
Share on Twitter
Please reload

Featured Posts

Anugerah Ariyadi De Facto Jabat Waketum Komisi B

January 16, 2018

1/1
Please reload

Recent Posts
Please reload

Archive