• White Facebook Icon
  • White Instagram Icon
  • White Twitter Icon

© 2016 by Mercury Media Group

Pasar Buah Tanjung Sari disegel Satpol PP tanpa perlawanan

August 6, 2019

 

Sby,MercuryFM - Satpol PP Kota Surabaya melakukan penyegelan terhadap Pasar Buah Tanjung Sari 77 surabaya. Penyegelan dilakukan pada Selasa (06/08/2019) sekitar pukul 08.00 wib untuk memastikan agar tidak beroperasi lagi.

“Ya penyegelan tadi sudah dilaksanakan pada Selasa (06/08/2019) sekitar pukul 06.00 wib untuk mereka memastikan agar tidak beroperasional lagi, “ujar Irvan Widyanto Kasatpol PP Surabaya.

Irvan menjelaskan, sesuai permintaan bantuan penertiban (Bantib) yang diterima dari Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Surabaya, karena menyalahi ijin. Ijin lingkungan yang dikeluarkan adalah gudang tetapi kenyataannya berupa pasar.

“Dinas LH sudah melakukan sidak dan pemanggilan serta sosialisasi agar menghentikan kegiatan itu tapi mereka masih terus lalu meminta bantib ke saya (Satpol PP) Surabaya dan kita laksanakan,” ujar Irvan.

Proses penyegelan yang dibantu aparat Kepolisian dan TNI ini, menurut Irvan berjalan lancar dan aman, tidak ada perlawanan maupun penolakan dari pengelola dan pedagang buah.

“Alhamdulillah penyegelan berjalan mandali (aman dan terkendali),” pungkasnya.  

Sementara itu Ismail pemilik Pasar Buah Tanjungsari mengaku kalau sengaja tidak melakukan perlawanan.

"Sesuai dengan rencana semalam (5/6/2019), kami tidak melakukan perlawanan. Kondisi pasar dalam kondisi kosong saat petugas datang. Kami saat ini 'cooling down' dulu," jelasnya.

Ismail menambahkan pihaknya sudah menempuh jalur hukum dengan melaporkan persoalan itu ke Komnas HAM, Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dan lapor.go.id yang tembusannya ke Ombudsman RI serta melayangkan gugatan ke Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN) Surabaya dengan nomer registrasi 103/GPTUN Surabaya.

Penyegelan pasar buah di Jalan Tanjungsari 77 Kota Surabaya, Jawa Timur, yang dilakukan ratusan petugas keamanan gabungan Satpol PP dan Polres Pelabuhan Tanjung Perak pada Selasa pagi ini tanpa adanya perlawanan berarti dari pedagang setempat.

Meski tanpa ada perlawanan, kondisi di Pasar Buah Tanjungsari 77 saat ini masih dijaga ketat petugas keamanan Polisi dan Satpol PP. Bahkan petugas keamanan memasang pagar kawat berduri di depan pasar dan menempelkan tanda segel di pintu depan pasar.

Sebelum petugas keamanan melakukan penyegelan, pihak pengelola pasar sudah menutup pintu pasar yang terbuat dari seng dan mengunci dengan gembok.  Sementara di depan pintu pasar di pasang bambu runcing yang disertai dengan bendera merah putih.(Alam)

Share on Facebook
Share on Twitter
Please reload

Featured Posts

Anugerah Ariyadi De Facto Jabat Waketum Komisi B

January 16, 2018

1/1
Please reload

Recent Posts
Please reload

Archive
Please reload

Search By Tags