• White Facebook Icon
  • White Instagram Icon
  • White Twitter Icon

© 2016 by Mercury Media Group

Mundur dari Ketua DPD Demokrat Jatim peluang Pakde Karwo sebagai Menteri semakin terbuka

August 15, 2019

 

Sby,MercuryFM - Langkah Pakde Karwo sapaan akrab mantan Gubernur Jatim Soekarwo mundur sebagai ketua DPD Partai Demokrat Jatim dan Anggota Majelis Tinggi DPP Partai Demokrat, dinilai  pengamat politik dari Univeritas Trunojoyo Madura (UTM) Mochtar W Oetomo akan semakin membuka peluang Pakde Karwo untuk masuk dalam Kabinet Menteri Joko Widodo (Jokowi).

 

Apalagi dalam berbagai kesempatan, Jokowi mengatakan akan banyak merekrut menteri dari kalangan profesional.

 

"Dalam berbagai kesempatan Jokowi menyatakan memberi kesempatan kepada kepala daerah profesional. Saya kira mundurnya Pakde sinyalemen Pakde masuk Kabinet Jokowi," katanya Mochtar, Kamis (14/08/19).

 

Menurut Mochtar, dalam berbagai kesempatan, dirinya melihat Pakde Karwo dan Jokowi mempunyai kedekatan khusus sejak beberapa tahun ini. Disamping punya kesamaan ideologis, sosok Soekarwo juga banyak membantu kemenangan Jokowi di Jatim.

 

"Saya rasa sejak dulu peluang Pakde masuk cukup besar. Hari ini momentumnya karena Pakde dan Pak Jokowi itu satu frekuensi," tambahnya.

 

"Kapasitas Pakde berhasil menjadi kepala daerah dua periode dan membuat Jatim kondusif. Banyak capaian Pakde, saya rasa Pakde Karwo cukup layak jadi posisi menteri," lanjutnya.

 

Mochtar juga menduga, sudah ada komunikasi politik antara Pakde Karwo dengan Jokowi. Sehingga, langkah mundur dari jabatan ketua DPD Demokrat Jatim itu diputuskan oleh Pakde Karwo.

 

"Logika politik seperti itu dan tidak mungkin kalau tidak ada komunikasi politik. Kalau berangkat kemungkinan Pakde bukan dari mesin Demokrat," tambahnya.

 

Terkait posisi yang layak, dosen FISIB Universitas Trunojoyo menyatakan Pakde Karwo cocok mengisi jabatan Mendagri karena merupakan kepala daerah yang cukup sukses.

 

"Jadi Menko Ekoin juga layak. Capaian ekonomi dan Jatim Nomics dari Pakde Karwo juga tidak diragukan hasilnya. Saya rasa tidak susah bagi Pak Jokowi untuk menempatkan Pakde di tempat mana," pungkasnya. (ari)

Share on Facebook
Share on Twitter
Please reload

Featured Posts

Anugerah Ariyadi De Facto Jabat Waketum Komisi B

January 16, 2018

1/1
Please reload

Recent Posts
Please reload

Archive
Please reload

Search By Tags