Gubernur berharap sinergitas DPRD dan Eksekutif perlu di tingkatkan untuk mewujudkan kesejahteraan masyarakat

August 31, 2019

 

Sby, MercuryFM - 120 anggota DPRD Jatim periode 2019-2024 secara resmi diambil sumpah jabatannya sebagai anggota DPRD Jatim.

 

Dalam pelantikan yang dilangsungkan di ruang paripurna DPRD Jatim 120 anggota DPRD Jatim terpilih di ambil sumpahnya oleh kepala pengadilan tinggi Jatim Abdul Kadir dan pemuka agama Islam, Protestan, Katolik dan Budha.

 

Setelah pengambilan sumpah, ketua DPRD Jatim sementara diserahkan kepada Kusnadi perwakilan PDI Perjuangan sebagai pemegang kursi terbanyak di DPRD Jatim, 27 kursi dari 120 kursi DPRD Jatim periode 2019-2024. Sedangkan wakil ketua diserahkan kepada Fauzan Fuadi dari perwakilan PKB sebagai pemenang kedua perolehan kursi dengan perolehan 25 kursi.

 

Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa dalam sambutan mewakili Menteri Dalam Negeri mengatakan kemitaraan antara DPRD Jatim dan Pemerintah Provinsi (Eksekutif) harus lebih dikuatkan dalam mewujudkan kesejahateraan rakyat Jatim.

 

"Gubernur dan DPRD Jatim adalah mitra sejajar dalam menjalankan penyelanggaraan pemerintahan Daerah. Sehingga tidak ada dominasi antara DPRD dan Kepala Daerah. Sebab sama sama mendapatkan mandat lansung dari rakyat Jatim," ujar Gubernur.

 

Kata Khofifah dengan masa bakti yang sama antara DPRD dan dirinya sebagai Gubernur yakni 2019-2024, maka diharapkan bisa menjadi sinergi yang kuat dalam menjalankan RPJMD (Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah) yang telah menjadi Peraturan Daerah (Perda) untuk dijalankan.

 

"Dengan sinergi yang kuat antara DPRD dan Eksekutif maka, saya yakin akan terjadi percepatan loncatan dalam upaya kemajuan dan kesejahteraan masyarakat Jatim," jelasnya.

 

"Janji janji politik untuk kesejahteraan dan kemakmuran masyarakat didaerah pemilihan juga harus diwujudkan dengan program program yang bisa disenergikan dengan anggaran yang termaktub dalam APBD Jatim," lanjut mantan Menteri sosial ini.

 

Dalam rapat paripurna pengambilan sumpah Jabatan yang berlangsung tadi juga di hadiri ketua Komisi II DPRRI Zainudin Amali yang juga plt ketua DPD Golkar Jatim.

 

Sementara itu mengiringi pelantikan puluhan mahaiswa yang tergabung dalam Perhimpunan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Jatim menggelar aksi di depan gedung DPRD Jatim yang meminta agar anggota DPRD yang dilantik hari ini bisa benar benar  memberikan kemanfaatan bagi masyarakat Jatim.

 

Tugas sebagai Wakil Rakyat diharapkan oleh PMII bisa benar benar memberikan kemanfaatan dalam memperjuangkan kepentingan masyarakat Jatim dalam mewujudkan kesejahateraan dan kemakmuran.

 

"Ingat kalian dipilih sebagai wakil rakyat di gedung yang mulia ini bukan untuk memperkaya diri sendiri. Kalian dipilih sebagai wujud anamat yang diberikan masyarakat untuk bisa mewujudkan dan memperjuangkan kepentingan masyarakat," ujar salah satu orator aksi dalam orasinya di depan pintu masuk tengah halaman gedung DPRD Jatim.

 

Dalam aksinya mereka mendapat penjagaan ketat dari petugas kepolisian yang melakukan pengamanan pelantikan anggota DPRD Jatim periode 2019-2024. (ari)

Share on Facebook
Share on Twitter
Please reload

Featured Posts

Anugerah Ariyadi De Facto Jabat Waketum Komisi B

January 16, 2018

1/1
Please reload

Recent Posts
Please reload

Archive
Please reload

Search By Tags

I'm busy working on my blog posts. Watch this space!

Please reload

Follow Us
  • Facebook Basic Square
  • Twitter Basic Square
  • Google+ Basic Square
  • White Facebook Icon
  • White Instagram Icon
  • White Twitter Icon

© 2016 by Mercury Media Group