Purwa Caraka: Pupuk rasa toleransi dengan berkesenian

September 2, 2019

 

Sby, MercuryFM - Purwa Caraka Music Studio menggelar ajang  Semifinal Vokalis Terbaik regional Jawa Timur Minggu 01/09/2019 di Grand City Surabaya. Acara itu diikuti 41 peserta dari sekolah music Purwacaraka yang tersebar di seluruh Jawa Timur.

Dalam kesempatan tersebut Purwa Tjaraka pemilik Purwa Caraka Music Studio mengatakan pentingnya berkesenian sejak usia dini. "Dalam konteks berkesenian, anak yang berkesenian itu berbudaya dalam ukuran peradaban". Ujarnya.

Purwa Tjaraka menambahkan, banyak yang disentuh soal moral dan insting dalam berkesenian. Dimusik tidak ada yang tidak boleh, tapi soal pantas atau tidak pantas. Secara naluri enak atau tidak disajikan ke audiens. "Dengan tahu pantas dan tidak pantas maka orientasinya bukan terhadap dirinya sendiri melainkan orang lain" jelasnya.

Pemilihan Vokalis Terbaik merupakan salah satu dari beberapa kegiatan yang rutin diadakan oleh lembaga pendidikan music Purwa Caraka Music Studio yang berskala nasional.

Kegiatan ini dibuat beberapa tahap mulai dari audisi cabang, semi-final wilayah di daerah masing-masing hingga tahap final dan grand final yang akan dilaksanakan pada tanggal 19 Oktober 2019 yang akan datang di Jakarta.

"Pemenang dalam event ini nantinya akan kita carikan jalan untuk bisa mengembangkan bakatnya dibidang musik, misalnya kita bawa ikut festival musik di Italia,” kata Purwa Tjaraka.

Purwa Tjaraka menambahkab industri musik tertantang ketika toko CD banyak yang tutup karena orang berpindah media. Begitu juga banyak pekerjaan yang tergantikan dengan robot. Tetapi untuk guru musik sampai saat ini masih belum tergantikan.

“Acara ini sengaja kita buat karena sebagai salah satu pendidikan musik yang tetap komitmen serius memberikan ruang dan kesempatan kepada anak-anak untuk bisa berkiprah, dan untuk kita sifatnya monitoring ke dalam,” tambahnya.

Pada event ini, siswa siswi dari Purwa Caraka Music Studio wilayah Jawa Timur yang datang dari cabang-cabang di wilayah Surabaya, Malang dan Jember akan bertanding dalam tahap semi-final wilayah.

Nantinya 2 penampilan yang terpilih dari masing masing kategori, akan lolos mewakili Purwa Caraka Music Studio wilayah Jawa Timur ke tahap selanjutnya.

Ajang Pemilihan Vokalis Terbaik Purwa Caraka Music Studio 2019 dibagi menjadi 3 kategori, yaitu : kategori A – usia 6 tahun – 12 tahun, kategori B – usia 13 tahun – 21 tahun dan kategori C – Duo/Group (2 – 4 penyanyi tanpa batasan usia).

Selain pemilihan vokalis terbaik, Purwa Caraka Music Studio juga secara berkala menyelenggarakan kegiatan kompetisi serupa untuk jenis jenis alat musik lain yang terdapat di kelas kelas Purwa Caraka Music Studio seperti, Piano, Gitar, Biola, Drum dan lainnya.

Purwa Caraka Music Studio sebagai lembaga pendidikan music telah berkembang selama lebih dari 30 tahun dan sampai saat ini telah memiliki 90 cabang di seluruh Indonesia dengan tenaga pengajar berjumlah 1.600 dan siswa didik berjumlah kurang lebih 20.000 orang yang tersebar di seluruh cabang yang sebagian besarnya adalah anak-anak usia sekolah.(Alam)

Share on Facebook
Share on Twitter
Please reload

Featured Posts

Anugerah Ariyadi De Facto Jabat Waketum Komisi B

January 16, 2018

1/1
Please reload

Recent Posts
Please reload

Archive
Please reload

Search By Tags

I'm busy working on my blog posts. Watch this space!

Please reload

Follow Us
  • Facebook Basic Square
  • Twitter Basic Square
  • Google+ Basic Square
  • White Facebook Icon
  • White Instagram Icon
  • White Twitter Icon

© 2016 by Mercury Media Group