• White Facebook Icon
  • White Instagram Icon
  • White Twitter Icon

© 2016 by Mercury Media Group

Baru dua parpol dari hak lima parpol yang sudah setorkan nama kadernya sebagai pimpinan DPRD Jatim 2019-2024

September 7, 2019

Sby, MercuryFM - Baru dua dari lima parpol dengan kursi terbanyak di DPRD Jatim yang sudah memberikan nama calon pimpinan DPRD Jatim periode 2019-2024 kepada sekertariat DPRD Jatim. Dua parpol tersebut Partai Gerindra dan Partai Demokrat.

 

Sampai saat ini baru Gerindra dan Demokrat yang menyodorkan nama pimpinan di DPRD Jatim. Hal itu dikatakan oleh pimpinan sementara DPRD Jatim Kusnadi pada Kamis (5/9/2019) di gedung DPRD Jatim.

 

"Saya belum tahu secara pasti siapa dua nama dari dua partai yang telah menyetorkan nama calon pimpinan DPRD. Tapi dari yang saya dengar di Sekwan sampai saat ini baru Gerindra dan Demokrat yang sudah menyodorkan nama pimpinanannya," kata Kusnadi Ketua Sementara DPRD Jatim, Sabtu (07/09/19).

 

Kusnadi berharap, kelima parpol yang mempunyai hak menempatkan kadernya sebagai pimpinan DPRD Jatim 2019-2024, sudah menyerahkan nama-nama pimpinan DPRD Jatim sebelum rapat paripurna yang dijadwalkan pada tanggal 11 September mendatang.Dan untuk PDI Perjuangan sendiri kemungkinan katanya nama pimpinan itu akan disodorkan ke Sekwan pada Senin lusa.

 

"Kalau jadwal kita tanggal 11, apakah tanggal 11 atau tidak tergantung pada parpol yang mendapatkan kursi terbanyak sampai kelima," ungkap pria yang juga menjabat sebagai ketua DPD PDIP Jawa Timur itu.

 

Kusnadi mengatakan, setelah kelima pimpinan DPRD Jawa Timur disahkan, maka seluruh anggota akan menggelar rapat paripurna untuk membahas Tata Tertib (Tatib) DPRD Jatim. 

 

Tatib itu nantinya akan membahas, apakah perlu ada penambahan komisi atau tidak, karena jumlah anggota DPRD Jatim pada periode 2019-2024 bertambah dari 100 anggota menjadi 120 anggota.

 

"Setelah ini selesai kita juga punya tugas memfasilitasi pembentukan pimpinan definitif. Tatib yang akan mengesahkan paripurna yang dipilih pimpinan definitif. Begitu juga pembentukan tatib, baru Alat Kelengkapan Dewan (AKD)," tambahnya.

 

Seperti diketahui, lima parpol dengan kursi terbanyak di DPRD Jatim adalah PDIP, PKB, Gerindra, Demokrat dan Golkar. Klima parpol itu berhak untuk mendapatkan kursi pimpinan DPRD Jawa Timur. 

 

PDIP yang mendapatkan 27 kursi berhak mendapatkan posisi ketua DPRD Jatim, yang kemungkinan akan dijabat oleh Kusnadi. Sementara, keempat parpol yakni PDIP, PKB, Gerindra dan Demokrat berhak mendapatkan posisi wakil ketua DPRD Jatim.

 

Informasi yang dihimpun, Partai Demokrat menyodorkan nama Ahmad Iskandar sebagai wakil ketua DPRD Jatim. Sedangkan, posisi Wakil Ketua DPRD Jatim dari Gerindra akan diisi oleh Anwar Sadad. Sementara, Sekretaris DPD Golkar Jatim Sahat Tua Simanjuntak dikabarkan menjadi kandidat kuat untuk mengisi posisi Wakil Ketua DPRD Jatim. Sedangkan, dari PKB, kemungkinan akan diisi oleh mantan ketua komisi C DPRD Jatim, Anik Maslacqah. (ari)

 

Share on Facebook
Share on Twitter
Please reload

Featured Posts

Anugerah Ariyadi De Facto Jabat Waketum Komisi B

January 16, 2018

1/1
Please reload

Recent Posts
Please reload

Archive