• White Facebook Icon
  • White Instagram Icon
  • White Twitter Icon

© 2016 by Mercury Media Group

PDI Perjuangan minta masyarakat tidak pesimis dengan rencana revisi UU KPK

September 7, 2019

 

 Sby, MercuryFM - PDI Perjuangan meminta publik tidak memandang pesimis dengan revisi Undang Undang (UU) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) yang sudah disetujui oleh semua fraksi di DPR RI. Revisi UU KPK dilakukan untuk pengawasan dan sinergitas dalam pemberantasan korupsi.

 

"Artinya kita melihat seluruh fraksi DPR RI dengan bulat melakukan perubahan melalui sebuah evaluasi. Spirit pengawasan dan pencegahan sebagaimana pidato Presiden Jokowi, spirit meningkatkan sinergitas penegak hukum," kata Hasto Kristiyanto Sekertaris Jendral (Sekjen) PDI Perjuangan di sela acara Pendidikan Kader Partai di Hotel Utami, Sidoarjo, Sabtu (07/09/19).

 

Menurut Hasto, revisi UU KPK itu perlu dilakukan karena kinerja lembaga anti rasuah itu cenderung kurang terkontrol, sehingga memunculkan penyalahgunaan kekuasaan.

 

Hasto juga menuding ada intervensi politik dalam keputusan yang diambil KPK beberapa waktu lalu, sehingga ada kesan bahwa KPK tebang pilih dalam menangani kasus korupsi.

 

"Di masa lalu kita melihat penyalahgunaan kekuasaan itu terjadi. Ada berbagai bentuk kepentingan politik mewarnai keputusan diambil. Ada kasus yang dilanjut dan dipetieskan. Jadi ini semua dilakukan dalam rangka perbaikan," pungkasnya.

 

Seperti diberitakan sebelumnya, sepuluh fraksi partai politik DPRRI sepakati usulan revisi UU 30/2002 tentang Komisi Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi menjadi RUU inisiatif DPR.

 

Kesepakatan itu diambil dalam forum Rapat Paripurna DPR RI di Gedung Nusantara II, Komplek Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (05/09/19).

 

Rapat paripurna yang dipimpin oleh Wakil Ketua DPR RI, Utut Adianto sepakat menyetujui, setelah Utut meminta masing-masing fraksi menyampaikan pandangannya yang dilakukan secara pandangan tertulis.

 

"Dengan demikian 10 fraksi telah menyampaikan pendapat fraksi masing-masing," tutur politisi PDIP Utut Adianto saat memimpin rapat saat itu. (ari)

 

Share on Facebook
Share on Twitter
Please reload

Featured Posts

Anugerah Ariyadi De Facto Jabat Waketum Komisi B

January 16, 2018

1/1
Please reload

Recent Posts
Please reload

Archive
Please reload