Tambahan 20 anggota di DPRD Jatim, Fraksi Nasdem usulkan tambahan satu Komisi di DPRD Jatim

September 9, 2019

 

Sby,MercuryFM - Maksimalkan kinerja DPRD Jatim yang saat ini anggotanya mencapai 120 orang, Fraksi Nasdem DPRD Jawa Timur mengusulkan ada penambahan komisi di DPRD Jatim. 

 

Penambahan ini akan membawa efektivitas Dewan di dalam pembahasan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Jatim yang cukup penting. Sebab selama ini banyaknya OPD (Organisasi Perangkat Daerah) yang masuk dalam mitra Komisi membuat pembahasan kurang efektif.

 

“Setiap pembahasan APBD dan banyaknya rekan kerja kita dengan OPD membuat pembahasan yang beratus-ratus miliar itu tidak efektif. Nah, untuk bisa mengurangi itu perlu ada penambahan komisi menjadi enam yang sebelumnya lima,” kata ketua Fraksi Nasdem DPRD Jatim Muzamil Safi'i, Senin (09/09/19).

 

Menurut Muzamil saat ini pihaknya terus melakukan komunikasi dengan fraksi fraksi yang ada di DPRD Jatim untuk merealisasikan usulan tersebut.

 

"Itu yang coba kita komunikasi kan dengan fraksi lain bila dimungkinkan ya kita tambah satu komisi. Kedepan, tentunya harus diatur di dalam tata tertib. Apalagi sekarang ini sedang membahas tata tertib,” jelasnya. 

 

Muzamil juga menjelaskan bahwa tata tertib yang sudah diatur tersebut untuk seratus anggota DPRD Jatim. Sedangkan, jumlah anggota DPRD Jatim sekarang ini ada 120 anggota. Disamping itu, kata dia, anggota komisi yang diatur maksimum ada 20 orang. 

 

“Sehingga ini perlu ada pengaturan-pengaturan. kalau 6 komisi akan tetap jumlahnya 18-20 anggota, ini akan lebih efektif,” terangnya.

 

Ditanya proses penambahan komisi, Muzamil mengutarakan ada tiga tahapan yang harus dilalui. Pertama, analisis kebutuhan. Analisis kebutuhan ini, sambung dia, memang  butuh efektivitas di dalam pembahasan APBD. 

 

"Kedua adalah regulasi. Regulasi kita itu tentunya terkait dengan peraturan pemerintah ataupun peraturan Menteri Dalam Negeri untuk mengatur tentang tata tertib. ketiga, regulasi di internal. Tiga aspek itu yang menurut kami perlu ada komunikasi. tapi ini tergantung kepada fraksi yang lain,” pungkasnya. (ari)

Share on Facebook
Share on Twitter
Please reload

Featured Posts

Anugerah Ariyadi De Facto Jabat Waketum Komisi B

January 16, 2018

1/1
Please reload

Recent Posts
Please reload

Archive
Please reload

Search By Tags

I'm busy working on my blog posts. Watch this space!

Please reload

Follow Us
  • Facebook Basic Square
  • Twitter Basic Square
  • Google+ Basic Square
  • White Facebook Icon
  • White Instagram Icon
  • White Twitter Icon

© 2016 by Mercury Media Group