Partai Demokrat Jatim tunggu mekanisme dari DPP dalam penjaringan calon Pilkada serentak 2020

September 16, 2019

 

Sby,MercuryFM - Partai Demokrat Jatim sampai saat ini belum memutuskan mekanisme dalam penjaringan bakal calon kepala daerah untuk Pilkada 2020 mendatang khususnya di 19 Kota Kabupaten yang menggelar Pilkada.

 

Partai Demokrat masih menunggu peraturan turun dari Dewan Pengurus Pusat. 

 

"Apakah melalui instrumen jajak pendapat, survei atau pendaftaran kami belum tahu itu," ujar Sekertaris DPD Partai Demokrat Renville Antonio, Senin (16/09/19). 

 

Namun meski belum mendapat mandat dari pengurus pusat, dirinya kata Renville sudah menginstruksikan survei kepada Dewan Pengurus Cabang (DPC). Hasilnya diminta untuk segera melaporkan. Termasuk dinamika yang terjadi di daerah 19 kabupaten/kota. 

 

"Kami juga sudah melakukan instrumen tersebut kepada DPC untuk segera melaporkan apa saja yang berkembang di daerah," ungkapnya. 

 

Sementara itu terkait dengan peta Pilkada serentak 2020, Renville menyampaikan dari 19 kabupaten/kota, 12 diantaranya menjadi prioritas untuk berkoalisi. Sebab, memiliki lebih dari lima kursi di DPRD. Mengingat minimal syarat mengusung bakal calon harus 10 persen dari jumlah kursi. 

 

"Tetapi bukan tertutup kemungkinan bagi yang di bawah lima. Bagi DPC yang jumlah kursi di parlemen lebih dari lima, asalkan memiliki kandidat dengan kualifikasi mumpuni serta diperhitungkan tetap akan masuk prioritas," pungkasnya.

 

Seperti Surabaya, yang beberapa hari terakhir memunculkan nama kadernya Herlina Harsono. 

 

Partai Demokrat di DPRD Surabaya hanya memiliki empat kursi. Artinya masih butuh enam kursi lagi untuk memenuhi persyaratan 10 persen. "Tentu kami punya peluang besar asal miliki kandidat yang diperhitungkan," tandasnya.(ari)

Share on Facebook
Share on Twitter
Please reload

Featured Posts

Anugerah Ariyadi De Facto Jabat Waketum Komisi B

January 16, 2018

1/1
Please reload

Recent Posts
Please reload

Archive
Please reload

Search By Tags

I'm busy working on my blog posts. Watch this space!

Please reload

Follow Us
  • Facebook Basic Square
  • Twitter Basic Square
  • Google+ Basic Square
  • White Facebook Icon
  • White Instagram Icon
  • White Twitter Icon

© 2016 by Mercury Media Group