• White Facebook Icon
  • White Instagram Icon
  • White Twitter Icon

© 2016 by Mercury Media Group

Bagi hasil pendapatan PKB untuk kabupaten/kota belum ideal

September 17, 2019

 

Sby,MercuryFM - Kepala Bidang Pendataan dan Penetapan Pajak Daerah, Badan Pengelolaan Keuangan dan Pajak Daerah (BPKPD) Kota Surabaya Anang Kurniawan mengatakan, kalau pembagian hasil Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) sekarang ini belum ideal.

Saat konferensi pers di kantor Humas Pemkot Surabaya Selasa 17/09/2019 Anang menjelaskan sesuai UU Perpajakan nomor 28 tahun 2009 menyebutkan proporsi bagi hasil PKB saat ini 70 persen menjadi hak Pemerintah Provinsi. Sedangkan kabupaten/kota mendapat hak 30 persen.

"Dari sejumlah forum diskusi yang sering dilakukan, banyak kabupaten/kota yang merasa keberatan dengan proporsi ini. Terutama kota besar seperti Surabaya" jelasnya.

Menurut Anang tidak sedikit kabupaten/kota yang meminta proporsi bagi hasil dibalik. 70 persen menjadi hak kabupaten/kota, sedangkan 30 persen sisanya milik Pemprov Jatim.

Anang menjelaskan alasan Pemkot meminta tambahan proporsi bagi hasil karena menjadi penerima resiko langsung akibat semakin padatnya lalu-lintas. Dampak itu seperti jalan rusak, polusi dan resiko kecelakaan lalu lintas. Ditambah pengadaan sarana jalan, seperti rambu-rambu jalan.

Anang menambahkan penerimaan PKB sampai sekarang dikelola oleh Pemerintah Propinsi dan Kepolisian. "Karenanya untuk menaikkan penerimaan PKB Kota Surabaya, pihaknya menghimbau kepada warga Surabaya agar segera membalik nama kendaraan bermotornya yang masih berplat luar kota". harapnya.

Cara lainnya untuk meningkatkan pendapatan PKB kata Anang dengan mengubah UU Perpajakan nomor 28 tahun 2019.

Anang mengungkapkan kalau pendapatan PKB di Pemprov Jatim tahun ini sekitar Rp 331 milyard dari Rp 228 milyard di tahun lalu.(Alam)

Share on Facebook
Share on Twitter
Please reload

Featured Posts

Anugerah Ariyadi De Facto Jabat Waketum Komisi B

January 16, 2018

1/1
Please reload

Recent Posts
Please reload

Archive
Please reload

Search By Tags

I'm busy working on my blog posts. Watch this space!

Please reload