• White Facebook Icon
  • White Instagram Icon
  • White Twitter Icon

© 2016 by Mercury Media Group

Sambut HUT Provinsi Jatim, 5000 penderita katarak segera dioperasi

September 17, 2019

 

Sby,MercuryFM - Menyambut Hari Jadi ke-74 Provinsi Jawa Timur (Jatim) pada 12 Oktober 2019, Dinas Kesehatan Provinsi Jatim menggelar berbagai rangkaian kegiatan bakti sosial (Baksos) bagi penderita katarak, dengan operasi serentak di beberapa Rumah Sakit di Jawa Timur. Diantaranya Madiun, Malang, dan Madura.

Jumlah penderita yang akan dioperasi mencapai sekitar 5.000 penderita, tapi dilakukan secara bertahap. " Awalnya akan dioperasi sebanyak 150 penderita katarak pada 3 (tiga) Daerah tersebut." Kata Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Jatim Dr. dr. Kohar Hari Santoso, Sp.An., KIC., KAP.,

Kohar menjelaskan, rangkaian kegiatan  Dinkes Jatim untuk memperingati Hari Jadi ke 74 Provinsi Jawa Timur sudah sesuai arahan dari Gubenur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa, yang menjadi program Nawa Bhakti Satya untuk Jawa Timur Maju Sejahtera.

“Kita sudah membentuk Komite Mata Daerah (Komatda) yang selaras berada di Kementerian Kesehatan (Kemenkes RI) Pusat dengan Komite Mata Nasional (Komatnas),” katanya didampingi Sekdiskes Provinsi Jawa Timur, Hertanto, SKM., M.Si., saat diwawancarai awak media, Selasa (17/9/2019).

Ditambahkannya, penyakit katarak tersebut ada tiga type diantaranya, penyakit katarak dengan faktor usia tua, faktor usia sejak kecil, dan katarak karena benturan pada mata. “Secara umum faktor penyakit katarak rata-rata usia lanjut, karena kualitas lensa mata sudah menjadi kabur, tapi ada juga mulai sejak usai balita mempunyai penyakit katarak,” imbuhnya.

Menurut Kohar selain bakti sosial operasi katarak, kegiatan lainnya berupa pelayanan kesehatan tradisional, yang nantinya akan dilakukan pada Materia Medica bertempat di Kota Batu. Dan operasi bibir sumbing.

“Kita sudah lakukan operasi bibir sumbing pada beberapa hari lalu di Rumah Sakit M. Noer, Pamekasan, Madura, dan dilakukan senam bersama serta pemeriksaan secara gratis nantinya berada di Rumah Sakit Umum Daha Husada, Kediri. Hingga nanti, akan dilakukan Talk Show senam jantung sehat berada di Kabupaten Pamekasan, Madura,” jelasnya.

Kohar menambahkan dalam melaksanakan kegiatan itu Dinkes Jatim melakukan koordinasi dengan Dinas Organisasi Perangkat Daerah (OPD) lain berupa, Baksos dengan Dinas Sosial (Dinsos) Provinsi Jawa Timur, dan Kementerian Sosial (Kemensos RI) bersama-sama melakukan pemeriksaan secara gratis. “Ini masih kita formulasikan titik mana yang akan dilakukan, itu akan mencapai totalnya ada 1.000 orang,” jelasnya.

Selain itu dalam rangkaian kegiatan tersebut juga akan dilakukan ziarah ke makam Gubernur Suryo, Gubernur Jawa Timur pertama, di Daerah Magetan. Sedangkan malamnya pada tanggal 10 Oktober 2019, akan dilakukan gelar Istighosah berada di Daerah Madiun. “Ini kesemuanya kita membackup dari Tim Medis pada kegiatan-kegiatan tersebut,” pungkas Kohar Hari Santoso.(Alam)

Share on Facebook
Share on Twitter
Please reload

Featured Posts

Anugerah Ariyadi De Facto Jabat Waketum Komisi B

January 16, 2018

1/1
Please reload

Recent Posts
Please reload

Archive
Please reload

Search By Tags