• White Facebook Icon
  • White Instagram Icon
  • White Twitter Icon

© 2016 by Mercury Media Group

Khofifah akan siapkan Wilayah Bebas Korupsi di Jatim

October 2, 2019

 

Sby,MercuryFM - Jatim akan dijadikan oleh Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa sebagai Wilayah Bebas Korupsi (WBK). Ini dilakukan Gubernur setelah Pemprov Jatim dan 35 kota kabupaten di Jatim mendapatkan penghargaan dari Kementrian Keuangan atas keberhasilan mendapatkan penilain WTP dari BPK untuk tahun anggaran 2018.

 

Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa ditemui usai pemberian penghargaan di Gedung Grahadi, Rabu (02/10/19) mengatakan, pihaknya telah menyampaikan ke Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) jika ingin menjadi salah satu percontohan wilayah WBK. 

 

"Kemudian terbaru ini kita juga mengeluarkan regulasi internal di Pemprov untuk menyiapkan WBK, Wilayah Bebas Korupsi. Pada posisi posisi ini dulu saya di Kementerian Sosial, kita juga menyampaikan ke KPK, titik-titik ini kita ingin dijadikan salah satu percontohan WBK. Jadi nggak bisa satu lembaga, gitu," katanya. 

 

"Jadi kita sudah membahas internal di Pemprov titik yang kita ingin dijadikan area WBK. Jadi sebetulnya antara WTA WTP dan WBK ini harus berseiring. Ada referensi baru bagi seluruh penyelenggara pemerintahan daerah terutama pengelolaan keuangan daerah itu ada PP 12 tahun 2019," lanjutnya.

 

Tak hanya itu, Khofifah menyebut pihaknya telah melakukan beberapa persiapan untuk mewujudkan WBK. Salah satunya melakukan rapat sinkronisasi program. 

 

"Tadi yang dijadikan arahan oleh Wamenkeu antara lain adalah rakorwas, rapat koordinasi bidang pengawasan. Kita sebetulnya sudah beberapa kali melakukan rasin dalam rapat sinkronisasi program, termasuk terakhir dengan para bupati wali kota," paparnya. 

 

Khofifah menambahkan, pihaknya saat ini masih menyusun quick win untuk menentukan proses percepatan WBK. Sedangkan saat ditanya sudah wilayah mana yang akan menjadi percontohan WBK, Khofifah mengaku belum menentukan. 

 

"Oh belum, tapi kita sudah menandatangani surat. Itu kita bahas WBK, kita komunikasikan saja," lanjutnya.

 

Di kesempatan yang sama, Khofifah juga mengucapkan selamat kepada 35 kabupaten dan kota di Jawa Timur yang mendapatkan predikat WTP. Sementara ada 3 daerah yang belum mendapat WTP, yakni Kota Pasuruan, Jember, Tulungagung. 

 

"Ada WTP yang 5 tahun berturut-turut itu Pacitan dan apresiasi kita Sampang untuk pertama kalinya WTP. Ada yang sudah dapat penghargaan WTP sampai 7 kali atau 8 kali, bahkan Kota Malang," pungkasnya. (ari)

Share on Facebook
Share on Twitter
Please reload

Featured Posts

Anugerah Ariyadi De Facto Jabat Waketum Komisi B

January 16, 2018

1/1
Please reload

Recent Posts
Please reload

Archive